HUBUNGAN ANTARA PERKEMBANGAN MENTAL DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SOSIOLOGI ( Study kasus pada siswa kelas X SMA Muhamadiyah Cirebon )

FITRI DINA AFRIYANTI, (2012) HUBUNGAN ANTARA PERKEMBANGAN MENTAL DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SOSIOLOGI ( Study kasus pada siswa kelas X SMA Muhamadiyah Cirebon ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FITRI DINA A_50540583__OK.pdf

Download (990kB) | Preview

Abstract

FITRI DINA AFRIYANTI: “Hubungan Antara Perkembangan Mental dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Sosiologi ( Study Kasus pada Siswa Kelas X SMA Muhamadiyah Cirebon ) “ Dalam teori pskologi diyatakan bahwa perkembangan Mental ( Kejiwaan ) setiap individu dapat digolongkan menjadi tiga golongan yaitu : Berdasarkan biologis, Berdasarkan didaktis / intruksional, Berdasarkan pskologis Dengan demikin dalam kegiatan belajar mengajarpun sebagi seorang guru sudah semestinyalah dalam mengajar dan memberikan materi ajar seuai dengan perkembangan Mental peserta didik. Tidak mungkin kegiatan pengajaran akan efektif jika materi atau cara mengajar yang digunakan pada siswa – siswa SD akan sesuai jika diterapkan pada siswa – siswa SMA. Penelitian ini bertujuan Untuk : 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan perkembangan Kejiwaan yang sedang dihadapi siswa kelas X SMA Muhamadiyah Cirebon. 2) Untuk Memperoleh Prestasi siswa kelas X SMA Muhamadiyah Cirebon pada mata pelajaran IPS Sosiologi ditengah-tengah pengaruh perkembangan kejiwaan siswa ( Puber ). 3) Untuk Mengetahui serta Membuktikan apakah ada korelasi antara Perkembangan kejiwaan siswa kelas X SMA Muhamadiyah Cirebon dengan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS Sosiologi. Penelitian ini bersinergi dengan sebuah dasar pemikiran bahwa : Selama perkembanganya, kehidupan individu – individu itu tidak statis, melainkan dinamis dan pengalaman belajar yang disajikan kepada mereka harus sesuai dengan sifat – sifat khasnya yang sesuai dengan masa perkembanganya itu. Pengalaman belajar yang disajikan kepada mahasiswa harus sesuai dan cocok untuk individu pada usia mahasiswa, yamg tentu saja berlainan dengan pengalamaan belajar yang cocok untuk individu pada usia sekolah dasar. Sudah barang tentu tidak ada orang yang menyangkal, bahwa perkembangan itu merupakan hal yang berkesinambungan. Akan tetapi, untuk lebih mudah memahami dan mempersoalkanya, biasanya orang menggambarkan perkembangan tersebut kedalam fase – fase atau periode – periode tertentu seperti fase kanak – kanak, remaja, dewasa dan lain sebagainya, dan hal tersebut biasa dikenal juga dengan istilah Perkembangan kejiwaan Individu. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan penyebaran angket, tes, obserfasi, wawancara, study Pustaka, dokumentasi yang dilaksanakan dengan objektif , adapun data angket serta tes dihitung dengan melalui perhitungan prosentase kemudian dikorelasikan, serta dianalisi melalui rumus-rumus yang telah ditentukan untuk kemudian ditafsirkan kedalam penafsiran – penafsiran yang telah digariskan pakar-pakar statistik. Penelitian ini menghasilkan sebagamana berikut : 1).Perkembangan mental ( Perkembangan Kejiwaan masa remaja ) yang dihadapi siswa – siswa kelas X SMA Muhamadiyah Cirebon kurang baik karena nilai rata – rata dari Variabel X adalah 55,21% nilai ini berada pada nilai antara 40 %- 55%,. 2). Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran IPS Sosiologi tergolong baik karena nila rata – rata dari variable Y adalah 74,57% nilai tersebut berada pada rentang nilai 76 %- 100%, 3).Adanya korelasi yang signifikan antara perkembangan mental siswa dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Sosiologi hal ini terbukti dari T-Hitung (

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 08 Feb 2017 07:50
Last Modified: 06 Jun 2017 04:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/702

Actions (login required)

View Item View Item