Etika Bisnis Islam Dalam Pemasaran Online Halal Food Dimasapandemi Covid-19 (Studi Kasus Rumah Makan Sambel Layah Cabang Weru Cirebon)

Dadi Kurniadi, (2022) Etika Bisnis Islam Dalam Pemasaran Online Halal Food Dimasapandemi Covid-19 (Studi Kasus Rumah Makan Sambel Layah Cabang Weru Cirebon). Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah/Muamalah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB V.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

DADI KURNIADI NIM 1708202112 “ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PEMASARAN ONLINE HALAL FOOD DIMASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Rumah Makan Sambel Layah Cabang Weru Cirebon)”, 2022. Pemasaran merupakan pintu utama bertemunya produk yang diciptakan oleh penjual dengan konsumen yang akan membeli. Seiring berkembangnya zaman dan adanya pandemi Covid-19, kini proses pemasaran telah merambah dalam dunia digital, dimana penjual dan pembeli dapat melakukan pemasaran secara online. Namun, kemudahan dalam melakukan pemasaran secara online tidak jarang membuat beberapa pihak mengabaikan etika dalam berbisnis yang sesuai dengan ajaran Islam. Hal tersebut merupakan ancaman relatif bagi pertumbuhan dan perkembangan didunia bisnis. Oleh karena itu, sangat penting bagi para pelaku bisnis untuk menerapkan etika bisnis islam. Karena etika bisnis islam merupakan standar etika berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits yang harus dijadikan pedoman oleh para pelaku bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah berikut ini: Bagaimana kondisi Rumah Makan Sambel Layah cabang Weru Cirebon sebelum dan saat pandemi covid-19, dan bagaimana strategi pemasaran online produk halal food yang dilakukan oleh Rumah Makan Sambel Layah pada saat pandemi covid-19, serta bagaimana penerapan Etika Bisnis Islam dalam strategi pemasaran online Rumah Makan Sambel Layah Weru Cirebon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus pada Rumah Makan Sambel Layah Cabang Weru Cirebon. Teknik pengumpulan data melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Rumah Makan Sambel Layah Weru telah menerapkan etika bisnis islam dalam strategi pemasaran produk halal food secara online yaitu menerapkan prinsip kesatuan artinya tidak membeda-bedakan pekerja maupun konsumen berdasarkan SARA, mendeskripsikan dengan jelas setiap produk yang dijual secara online, menerapkan prinsip tanggungjawab dan amanah, menerapkan prinsip keadilan dengan cara bersaing secara sehat, dan tidak pernah memaksa konsumen untuk membeli produk yang dijual. Kata Kunci : Pandemi Covid, Pemasaran Online, Etika Bisnis Islam

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:08
Last Modified: 18 Jul 2022 07:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7090

Actions (login required)

View Item View Item