Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari Melalui Pendekatan Semiotik Dan Pemanfaatannya Dalam Pembelajaran Novel Di SMK

Ilham Nur Kartika Wisuda, (2021) Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari Melalui Pendekatan Semiotik Dan Pemanfaatannya Dalam Pembelajaran Novel Di SMK. Bachelor thesis, S1 Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang wajib bagi setiap individu yang mana diharapkan dengan adanya pendidikan mampu menjadikan individu berwawasan serta mempunyai nilai-nilai kebaikan dalam setiap individunya. Salah satu cara alternatif guna membangun karakter setiap individu peserta didik adalah dengan pengajaran sastra. Usia remaja merupakan usia dimana mereka sedang mencari jati dirinya. Maka dari itu kondisi lingkungan sekitar sangatlah berpengaruh. Lingkungan yang kurang baik dapat meruntuhkan nilai pendidikan karakter, ini sangat erat dengan pembelajaran remaja di sekolah, guna mencegah hal-hal yang bisa merusak moral, salah satu pengaplikasian yang harus ada pada siswa adalah dengan terbiasa membaca dan salah satunya ialah membaca karya sastra. Ada beberapa karya sastra yang memiliki pembelajaran pendidikan karakter dalam isinya, yang bisa dijadikan sebagai tuntunan tingkah laku yang baik, salah satunya novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel Orang-Orang Proyek karya Ahmad Tohari serta pemanfaatannya sebagai RPP pembelajaran novel di SMK. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan desain deskriptif naratif dengan pendekatan semiotik teori Peirce. Subjek dalam penelitian ini adalah novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan nilai moral yang terkandung dalam novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat, sedangkan instrument yang digunakan yaitu kartu data. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teori, sumber data, dan metode. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai pendidikan karakter pada novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari terdiri dari 17 nilai pendidikan karakter yang terdiri dari nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, cinta tanah air, komunikatif, cinta damai, gemarmembaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:53
Last Modified: 25 Jul 2022 02:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7219

Actions (login required)

View Item View Item