Peningkatan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Teks Cerita Inspiratif dengan Metode Drill di Kelas IX A MTs Murul Huda Munjul Astanajapura Kabupaten Cirebon

Muhammad Ibnu Hazim, (2021) Peningkatan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Teks Cerita Inspiratif dengan Metode Drill di Kelas IX A MTs Murul Huda Munjul Astanajapura Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (432kB) | Preview
Official URL: http://web.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa dalam pelajaran teks cerita inspiratif. Berdasarkan Kurikulum 2013 kelas IX SMP atau MTs yang dimuat dalam KD 3.12 dan KI 4.12. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan peningkatan keterampilan berbicara dengan metode drill di MTs Nurul Huda Munjul kelas IX A. Penggunaan setiap siklus dalam penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin dan alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Dari data yang telah didapatkan diketahui bahwa nilai dari perilaku negatif pada prasiklus adalah sebanyak 31 atau 25,83%. Sedangkan Siklus I sebanyak 38 atau 31,67% dan siklus II memiliki nilai sebanyak 18 atau 15%. Nilai perilaku positif pada prasiklus yaitu sebanyak 89 atau 74,17%. Sedangkan Siklus I sebanyak 82 atau 68,33% dan siklus II memiliki nilai sebanyak 102 atau 85%. Nilai dari kemampuan berbicara siswa dapat diketahui melalui rumus rata-rata yang telah didapat pada prasiklus yaitu sebesar 64,5 sedangkan Siklus I jumlah kelulusanya sebanyak 69,5 dan siklus II memiliki jumlah kelulusan sebanyak 80,17. Jumlah kelulusan siswa pada prasiklus yaitu sebanyak 13 siswa atau 43%, sedangkan Siklus I jumlah kelulusanya sebanyak 24 siswa atau 80% dan siklus II memiliki jumlah kelulusan sebanyak 30 siswa atau 100%. Penelitian ini diharapkan berguana untuk pembelajaran teks cerita inspiratif. Penelitian ini juga berguna untuk menambahkan pengetahuan peningkatan keterampilan berbicara bagi siswa sehingga siswa dapat mempelajari keterampilan bahasa tingkat selanjutnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:39
Last Modified: 25 Jul 2022 02:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7261

Actions (login required)

View Item View Item