Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 4-6 Tahun di Cirebon dan Pemanfaatannya sebagai Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia

Niya Anggraeny, (2022) Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 4-6 Tahun di Cirebon dan Pemanfaatannya sebagai Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bachelor thesis, S1 Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Pemerolehan bahasa anak terjadi mulai usia 0-6 tahun, pada usia ini lah anak memperoleh bahasa pertamanya. Bahasa pertama atau yang disebut bahasa Ibu diperoleh anak secara alami melalui lingkungan sekitar dengan bantuan orang tua. Pemerolehan bahasa ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, semakin bertambahnya usia anak maka semakin meningkat kemampuan berbahasa anak. Anak usia 4-6 tahun pada dasarnya telah memnguasai banyak kosakata dan mampu menuturkan kalimat secara sederhana. Namun tidak semua anak usia 4-6 tahun telah mampu mengucapkan kata secara sempurna dan mampu menuturkan kalimat dengan pola yang benar. Hal ini terjadi karena beberapa faktor seperti faktor usia, faktor lingkungan, faktor jenis kelamin dan faktor pola asuh orang tua. Penelitian ini termasuk desain penelitian studi kasus, dimana tujuannya untuk menjelaskan fenomena yang ada dengan permasalahan yang diteliti. Data penelitian ini berupa percakapan antara peneliti dengan subjek penelitian yaitu anak usia 4-6 tahun berjumlah 6 orang. Subjek penelitian yang dipilih berdasarkan usia anak, lingkungan sosial, termasuk anak yang aktif berbicara dan aktivitas sehari-hari anak. Dalam mengumpulkan data menggunakan teknik observasi dan teknik wawancara kepada subjek penelitian beserta orang tuanya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kartu bergambar, catatan lapangan dan transkrip dialog. Teknik analisis data menggunakan metode agih dengan teknik dasar bagi unsur langsung dan teknik lanjutan yaitu teknik perluas. Berdasarkan hasil analisis tersebut, anak usia 4-6 memperoleh bahasa dengan menguasai bentuk bahasa seperti kata benda, kata sifat, kata kerja, frasa nomina, frasa adjektifa, frasa preposisi, kalimat berita, kalimat tanya, dan kalimat perintah. Cara pemerolehan bahasa anak usia 4-6 tahun terbagi menjadi peniruan secara kreatif sempurna dan tidak sempurna dan cara peranan masukan kata. Faktor-faktor yang memengaruhi pemerolehan bahasa anak usia 4-6 tahun antara lain faktor usia, faktor jenis kelamin, faktor lingkungan dan faktor pola asuh orang tua. Adapun hasil analisis pemerolehan bahasa anak usia 4-6 tahun dibuat menjadi bahan ajar berupa modul bahasa Indonesia untuk anak usia dini. Modul ini berisi latihan anak dalam mengembangkan kemampuan menulis dan membaca permulaan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:01
Last Modified: 06 Dec 2022 07:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7282

Actions (login required)

View Item View Item