Kajian Tindak Tutur Ilokusi Iklan Produk Kecantikan di YouTube dan Pemanfataannya Dalam Pembelajaran Menulis Teks Iklan di SMK Kelas XII

Siti Komariyah, (2021) Kajian Tindak Tutur Ilokusi Iklan Produk Kecantikan di YouTube dan Pemanfataannya Dalam Pembelajaran Menulis Teks Iklan di SMK Kelas XII. Bachelor thesis, S1 Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER DL1.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA1.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis tindak tutur ilokusi dalam wacana iklan produk kecantikan di YouTube. Mendeskripsikan pemanfaatan hasil analisis tindak tutur ilokusi pada iklan sebagai rencana rancangan pembelajaran (RPP) KD 3.45 dan 4.45 di SMK. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini mengambil data yang bersumber dari iklan produk kecantikan yang pernah ditayangkan di YouTube. Data yang diambil berupa tindak tutur ilokusi yang terdapat dalam iklan produk kecantikan dari sebanyak 22 iklan dengan pertimbangan iklan-iklan tersebut memiliki tindak tutur ilokusi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik simak bebas libat cakap serta dibantu dengan teknik lanjutan yaitu teknik catat. Penelitian ini menggunakan kartu data sebagai instrument dengan upaya dalam menunjang dari proses pencarian dan penganalisisan data yang didapat. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi teoretis dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik daya pilah pragmatik, yaitu teknik membagi satuan lingual berdasarkan konteks pragmatik. Penelitian ini bermanfaat pada pembelajaran Bahasa Indonesia, yakni berupa RPP pada pembelajaran materi Iklan. Dari hasil penelitian didapat yaitu 22 iklan produk kecantikan, terdapat 38 jenis tindak tutur ilokusi. Tindak tutur ilokusi asertif sebanyak 4 tuturan, tindak tutur ilokusi direktif sebanyak 12 tuturan, tindak tutur ilokusi komisif sebanyak 19 tuturan, tindak tutur ilokusi ekspresif sebanyak 3 tuturan dan tindak tutur ilokusi deklaratif tidak ada tuturan. Hasil validasi desain pembelajaran ini mendapatkan nilai 127 dengan jumlah skor maksimal adalah 150 dan mendapat rata-rata penilaian 84,67% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan masuk ke dalam kriteria cukup valid atau layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi desain pembelajaran ini mendapatkan nilai 111dengan jumlah skor maksimal adalah 150 dan mendapat rata-rata penilaian 74% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan masuk ke dalam kriteria cukup valid atau layak digunakan dalam proses pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:31
Last Modified: 25 Jul 2022 02:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7288

Actions (login required)

View Item View Item