HUBUNGAN ANTARA SEKTOR INFORMAL DENGAN KESEMPATAN KERJA UNTUK MENINGKATKAN PENDIDIKAN ANAK DI DESA LEUWEUNGGAJAH KECAMATAN CILEDUG KABUPATEN CIREBON

HETI KUSMERIHATI, (2012) HUBUNGAN ANTARA SEKTOR INFORMAL DENGAN KESEMPATAN KERJA UNTUK MENINGKATKAN PENDIDIKAN ANAK DI DESA LEUWEUNGGAJAH KECAMATAN CILEDUG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
heti kusmerihati_58440855__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

HETI KUSMERIHATI : “Hubungan Antara Sektor Informal Dengan Kesempatan Kerja Untuk Meningkatkan Pendidikan Anak” Sektor informal sebagai sektor alternatif bagi para migran cukup memberikan sumbangan bagi pembangunan perkotaan. Selain membuka kesempatan kerja, sektor informal juga dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat kota. Namun, pertumbuhan sektor informal yang pesat tanpa mendapat penanganan yang baik dan terencana akan menimbulkan persoalan bagi kota. Untuk itu, pemerintah kota harus jeli dalam menangani masalah sektor informal itu. Sehingga, sektor informal dapat tumbuh dengan subur tanpa mengganggu kepentingan umum, terutama tidak mengganggu keamanan, ketertiban dan keindahan kota. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh data tentang gambaran keadaan sektor informal di Desa Leuweunggajah Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon, menjelaskan kesempatan kerja untuk meningkatkan pendidikan anak di Desa Leuweunggajah Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon serta untuk membuktikan seberapa besar hubungan antara sektor informal dengan kesempatan kerja untuk meningkatkan pendidikan anak di Desa Leuweunggajah Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa baik buruknya sektor informal atau kesempatan kerja di tentukan oleh faktor perekonomian, baik perekonomian di dalam keluarga. Kalau perekonomian keluarga sejahtera maka diharapkan tingkatan pendidikan dalam keluarga akan lebih baik dan mendapatkan kesempatan kerja yang sesuai dengan pendidikan terakhir yang mereka tempuh. Data yang dibutuhkan dalam penyusunan skripsi ini ada dua, pertama teoritik yang diperoleh dari sejumlah buku dan literatur lainnya yang ada hubungannya dengan judul skripsi untuk dijadikan sumber rujukan, kedua data empiric diperoleh melalui tinjauan langsung ke objek penelitian dengan menggunakan teknik observasi, angket, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa keadaan sektor informal di Desa Leuweunggajah Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon ada hubungannya dengan kesempatan kerja untuk meningkatkan pendidikan anak di Desa Leuweunggajah Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon. Taraf signifikannya tergolong rendah bedasarkan nilai product moment rxy = 0,15. Berdasarkan tabel batasan korelasi nilai 0,15 menunjukkan adanya hubungan antara sektor informal dengan kesempatan kerja untuk meningkatkan pendidikan anak. Sedangkan dari hasil perhitungan nilai korelasi sebesar 0,15 dan hasil uji coba hipotesis. thitung 0,89 hal ini berarti thitung > dari ttabel. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dan artinya ada korelasi yang signifikan antara sektor informal dengan kesempatan kerja untuk meningkatkan pendidikan anak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Feb 2017 06:02
Last Modified: 06 Jun 2017 04:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/729

Actions (login required)

View Item View Item