UPAYA PENERAPAN STRATEGI TEAM TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B PADA MATA PELAJARAN IPS SUB BIDANG STUDI GEOGRAFI (Studi Kasus di SMP NEGERI 8 KOTA CIREBON)

ISWATI, (2012) UPAYA PENERAPAN STRATEGI TEAM TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B PADA MATA PELAJARAN IPS SUB BIDANG STUDI GEOGRAFI (Studi Kasus di SMP NEGERI 8 KOTA CIREBON). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ISWATI_58440189__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ISWATI: “Upaya Penerapan Strategi Team Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B Pada Mata Pelajaran IPS Sub Bidang Studi Geografi (Studi Kasus di SMP Negeri 8 Kota Cirebon)” Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang mutlak yang harus dipenuhi dalam kehidupan manusia, guru merupakan salah satu unsure dibidang kependidikan mempunyai peran penting dalam menentukan keberhasilan siswa. Kondisi siswa yang heterogen ditambah persoalan ratio antara jumlah guru dan siswa yang tidak seimbang mengakibatkan guru tidak mungkin bisa menangani siswa secara intensif, untuk itulah guru membutuhkan sosok lain yang bisa di ajak kerjasama dalam menghadapi berbagai persoalan menyangkut peningkatan mutu pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VII B SMP Negeri 8 Kota Cirebon melalui pembelajaran team teaching dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar geografi siswa kelas VII B SMP Negeri 8 Kota Cirebon. Kalau kita perhatikan dalam proses perkembangan pendidikan di Indonesia salah satu hambatan yang menonjol dalam pelaksanaan pendidikan adalah masalah penanganan metode, makin baik metode mengajar yang digunakan makin efektif pula penyampaian tujuan pembelajaran. Team Teaching merupakan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh lebih dari satu orang guru dengan pembagian peran dan tanggung jawabnya masing-masing, Team Teaching dapat lebih mematangkan kegiatan perencanaan dan persiapan mengajar. Dua orang guru atau lebih bisa saling berdiskusi untuk menyusun perencanaan pembelajaran sehingga dapat mengantisipasi berbagai kendala dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan lebih meningkat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan PTK dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Adapun untuk menganalisis data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya didasarkan pada gejala-gejala yang tampak, subjek dari dari penelitian ini adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 36 siswa. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan Adapun hasil yang dapat dicapai dalam penelitian ini (1) pertemuan pertama peneliti melakukan tanya jawab untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa, (2) peneliti mengadakan pre test untuk mengetahui kemampuan siswa pada pemahaman materi, (3) siswa masih belum terbiasa pada model pembelajaran berkelompok dan disertai dengan presentasi (4) pertemuan kedua pemberian tugas oleh kedua peneliti tentang model pembelajaran dengan berkelompok benar-benar memanfaatkan waktu siswa dengan baik, (5) pembelajaran dengan dua orang guru ternyata dapat memberikan pengetahuan yang bervariasi baik terhadap guru maupun siswa. (6) Pada pertemuan ketiga pelaksanaan tindakan yang menunjukkan bahwa siswa sudah mulai terlihat terbiasa dalam model belajar kelompok, diskusi, dan presentasi dengan strategi team teaching, (7) siswa dapat mengerjakan soai post test tanpa mendapat kesulitan, (8) penerapan model belajar kelompok, diskusi, dan presentasi dengan strategi team teaching terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Feb 2017 06:09
Last Modified: 06 Jun 2017 05:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/730

Actions (login required)

View Item View Item