UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI MELALUIMETODE COURSE REVIEW HORAY (PTK di SMP Negeri 9 Kota Cirebon)

ITA NOVITASARI, (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI MELALUIMETODE COURSE REVIEW HORAY (PTK di SMP Negeri 9 Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ITA NOVITASARI_58440858__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ITA NOVITASARI : “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI MELALUI METODE COURSE REVIEW HORAY (PTK di SMP Negeri 9 Kotamadya Cirebon)” Dalam kegiatan belajar mengajar dikelas, guru harus pandai dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, asik, dan menarik.Guru juga harus mampu meningkatkan minat belajar siswa agar hasil belajar siswapun ikut meningkat.Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh guru adalah penggunaan metode pembelajaran dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dikelas.Kreatifitas guru dalam penggunaan metode pembelajaran bisa menentukan keberhasilan belajar. Tidak hanya guru yang melakukan transfer ilmu pengetahuan pada siswa tapi siswa juga harus aktif. Hal ini dimaksudkan agar informasi yang diterima benar-benar memberikan makna yang mendalam.Oleh karena itu penulis ingin meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan Metode Course Review Horay. Penelitian ini bertujuan (1) untuk memperoleh data mengenai penerapan metode Course Review Horay dalam pembelajaran IPS Ekonomi (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode Course Review Horay dalam pembelajaran IPS Ekonomi (3) untuk mengkaji apakah penerapan metode Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Ekonomi. Pembelajaran berbasis Course Review Horay adalah metode mengajar yang erat hubungannya dengan teka-teki dalam menyelesaikan soal dalam kotak.Dalam proses belajar mengajar, pengetahuan dibangun oleh siswa sedikit demi sedikit yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas. Siswa harus dibiasakan berlatih dalam belajar, dapat menemukan sesuatu yang berguna bagi dirinya dan bergelut dengan ide-ide. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengguanakan teknik observasi, wawancara, angket dan tes.Subyek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 9 Kotamadya Cirebon yang berjumlah 40 orang.Adapun dalam menganalisa datanya dengan menggunakan statistic deskriptif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah aktivitas guru dilihat dari rata-rata aktivitas guru dari siklus I 3,08, siklus II 3,50, siklus III 3,77. Rekapitulasi hasil perhitungan rata-rata skor angket tentang peningkatan hasil belajardapat dijelaskan bahwa siswa yang menjawab sangat setuju dan setuju sebanyak 72% (sebagian seluruhnya), sedangkan siswa yang menjawab tidak setuju sebanyak 13% (sebagian kecil), dan sebanyak 15% siswa menjawab sangat tidak setuju. Hasil belajar yang ditunjukkan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 24 orang sehingga ketuntasan belajar siswa 60%, nilai rata-rata kelas adalah 75,25. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 30 orang sehingga ketuntasan belajar siswa 75%, rata-rata nilai kelas adalah 84,12. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas 40 sehingga ketuntasan belajar siswa 100%, nilai rata-rata kelas adalah 92,87. Dengan demikian metode Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar IPS Ekonomi. KATA PENGANTAR

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Feb 2017 06:17
Last Modified: 06 Jun 2017 05:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/731

Actions (login required)

View Item View Item