HUBUNGAN SIKAP KETERBUKAAN GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADABIDANG STUDI IPS-EKONOMI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SUSUKAN KABUPATEN CIREBON

JAJILAH, (2012) HUBUNGAN SIKAP KETERBUKAAN GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADABIDANG STUDI IPS-EKONOMI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SUSUKAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
JAJILAH_58440904__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

JAJILAH: “Sikap keterbukaan guru dengan motivasi belajar siswa pada bidang studi IPS-Ekonomi kelas VIII di SMP Negeri 1 Susukan Kabupaten Cirebon” Keterbukaan guru dalam kegiatan proses pembelajaran pada bidang studi IPS-Ekonomi, tidak lain karena adanya upaya sistematis yang telah dilakukan guru ekonomi tersebut. Seorang guru diharuskan dapat memotivasi belajar siswa dengan berbagai pendekatan yang dilakukan oleh guru dalam mendidik para pelajar. Hal ini dimaksudkan agar proses belajar mengajar dapat berhasil secara optimal. Karena kehadiran seorang guru sewaktu mengajar tidak semua siswa dapat menyenanginya. Berkaitan dengan hal tersebut peneliti merasa tertarik untuk mengkaji secara mendalam guna mengetahui seberapa besar hubungan sikap keterbukaan guru dengan motivasi belajar siswa pada bidang studi IPS – Ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap keterbukaan psikologis pribadi guru dengan siswa, motivasi belajar siswa pada bidang studi IPS – ekonomi kelas VIII, serta hubungan sikap keterbukaan guru dengan motivasi belajar siswa pada bidang studi IPS – ekonomi kelas VIII. Guru berfungsi sebagai pemberi motivasi terhadap peserta didik, dan peserta didik berada pada posisi penerima. Ini berarti akan ada pengaruh psikologis terhadap anak didik dalam memotivasi belajar. Pemberian motivasi dalam proses pembelajaran mempunyai kaitan erat dalam pencapaian minat belajar karena keduanya saling berhubungan satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan maupun berdiri sendiri. Pandangan ini muncul mengingat peserta didik pada mulanya adalah elemen yang netral dalam dunia pendidikan. Sedangkan guru adalah elemen pendukung yang memberi warna terhadap peserta didik. Motivasi adalah warna yang diberikan oleh guru terhadap peserta didik lalu kemudian dari motivasi ini muncul minat, maka peserta didik akan muncul minat belajar, ketika mendapatkan motivasi dari elemen lain yakni guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik observasi, wawancara dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan korelasi dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Kesimpulan dari penelitian ini diketahui bahwa sikap keterbukaan guru dengan motivasi belajar siswa pada bidang studi IPS-Ekonomi kelas VIII di SMP Negeri 1 Susukan Kabupaten Cirebon tergolong dalam kategori kurang baik dengan nilai prosentase sebesar 44,2%. Berkenaan dengan motivasi belajar siswa pada bidang studi IPS-ekonomi tergolong dalam kategori kurang baik dengan nilai prosentase sebesar 50%. Dan antara keduanya terdapat korelasi positif yang cukup baik karena besarnya nilai rhitung yang diperoleh 0,49. Kontribusi yang diperoleh sebesar 13% dan selebihnya ditentukan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Feb 2017 08:09
Last Modified: 06 Jun 2017 06:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/732

Actions (login required)

View Item View Item