PENGARUH PYGMALION KELUARGA DAN MASYARAKAT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTs NURUL HUDA MUNJUL PESANTERN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON

JAMILAH, (2012) PENGARUH PYGMALION KELUARGA DAN MASYARAKAT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTs NURUL HUDA MUNJUL PESANTERN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
JAMILAH_58440905__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

JAMILAH, Pengaruh Pygmalion Keluarga dan Masyarakat terhadap Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Nurul Huda Munjul Pesantren Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama yang diperoleh seorang anak, baik sikap, akhlak, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan. Sehingga akan membentuk kepribadian anak tersebut. Karena keluarga sebagai kesatuan sosial terkecil yang berinteraksi akan berpengaruh terhadap perkembangannya.Sering ditemukan dalam kelauarga anak mempunyai nama panggilan yang kerap kali di berikan oleh orang tua dan keluarganya. Pemberian label oleh keluarga dapat mempengaruhi perkembangan si anak. Motivasi atau dorongan selain timbul dari dalam diri sendiri, tetapi juga berasal dari luar, seperti orang tua, keluarga, guru, dan lingkungan sekitar. Dengan demikian, orang tua atau keluarga sangat besar memberikan pengaruh terhadap kepribadian seorang anak. cara pandang atau cara pikir sesorang akan menentukan sikap individu tersebut. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui tentang pengaruh Pygmalion keluarga dan masyarakat pada anak dalam proses belajar , motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS , pengaruh Pygmalion keluarga dan masyarakat terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Nurul Huda Munjul Pesantren Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Label merupakan devinisi yang diberikan pada seseorang yang mempunyai karakter yang tertentu, bisa berupa penghargaan tetepi ada juga menjadi identitas dan akan membentu kepribadian yang membuat tidak menyenangkan bagi diri nya maupun kelarganya.Sebelum seorang anak belajar dan berinteraksi dengan lingkungan masyarakat luas, anak akan memperoleh pendidikan dari orangtua atau keluarganya. Dan keluarga merupakan tempat pertama membentukan pribadi atau karakter anak. Sehingga anak tersebut dapat berinteraksi dengan masyarakat luas. Seringkali dalam keluarga anak mempunyai mempunyai nama panggilan, atau dipanggil berdasarkan kebiasaannya. Dalam penyusunan skripsi ini penulis menggunakan beberapa pendekatan teknik pengumpulan data yaitu diantaranya melalui observasi, wawancara, dan angket. Penyebaran angket disebarkan kepada responden yang berjumlah 40 siswa kelas VIII. Pygmalion Keluarga dan Masyarakat terhadap Motivasi Belajar Siswa 28,3%, Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS, 36,5%, termasuk kategori tidak baik atau sebagian kecil. Pengaruh Pygmalion Keluarga dan Masyarakat Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS, dipeoleh perhitungan korelasi dengan nilai 0,193 ini berarti tergolong kategori sangat rendah atau tidak berkorelasi karena berada pada jarak 0,00 - 0,200.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Feb 2017 08:12
Last Modified: 06 Jun 2017 06:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/733

Actions (login required)

View Item View Item