PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN IPS EKONOMI HUBUNGANNYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK PERJUANGAN BANGSA KABUPATEN MAJALENGKA

LIA DARNIAH, (2012) PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN IPS EKONOMI HUBUNGANNYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK PERJUANGAN BANGSA KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
LIA DARNIAH_06440642__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

LIA DARNIAH: “Penerapan Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share Dalam Pembelajaran IPS Ekonomi Hubungannya Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di SMK Perjuangan Bangsa Kabupaten Majalengka”. IPS merupakan pelajaran yang banyak sekali materinya dan mengharuskan siswa untuk menghapal. Kenyataan menunjukkan bahwa siswa merasa bosan dengan metode pembelajaran sekarang sehingga motivasi belajar siswanya kurang. Selain itu siswa kebanyakan lebih senang bermain daripada belajar. Hal ini mendorong penulis, ingin melakukan penelitian guna mengetahui seberapa besar keinginan siswa untuk belajar IPS bila menggunakan metode konvensional yakni dengan metode ceramah saja dengan metode kooperatif tipe think pair share. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara metode pembelajaran dengan menggunakan metode tipe think pair share yang penulis terapkan dalam belajar IPS di kelas X dengan motivasi siswa dalam belajar pada pembelajaran IPS. Sehingga jika ada hubungan yang signifikan antara metode kooperatif tipe think pair share yang penlis terapkan kepada siswa kelas X di sekolah maka peneliian ini dinyatakan berhasil. Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. TPS menghendaki siswa bekerja saling membantu dalam kelompok kecil. Dan motivasi adalah “keinginan untuk menggerakan atau mendorong seseorang atau diri sendiri untuk berbuat sesuatu. Adanya motivasi belajar dari diri sendiri dan dari orang lain membuat seseorang lebih semangat untuk belajar. Metode Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif atau berdasarkan angka (hitungan) yang didapat dari hasil jawaban angket siswa. Populasi seluruh siswa kelas X SMK Perjuangan Bangsa tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah empat kelas. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan angket. Hasil yang menggunakan metode tipe think pair share diperoleh hasil X2 hitung 5,89 dan X2 tabel 11,34 sehingga distribusi hasil tes kelas eksperimen berdistribusi normal karena X2 hitung < X2 tabel yaitu 5,89<11,34. Dan hasil angket siswa diperoleh X2 hitung 8,97 dan X2 tabel 11,34 X2 hitung < X2 tabel yaitu 8,97<11,34 maka disimpulkan data angket motivasi belajar siswa berdistribusi normal. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa antara Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di SMK Perjuangan Bangsa terdapat hubungan karena dari hasil perhitungan yang didapatkan uji korelasi diperoleh hasilnya sebesar 0,49 termasuk dalam kategori sedang atau cukup. Adapun nilai perhitungan thitung 3,35 dengan ttabel 2,4993 Sehingga t(hitung) > t(tabel) (0,975) atau 3,35 > 2,4993 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan atau korelasi antara metode kooperatif tipe think pair share dengan motivasi belajar siswa kelas X di SMK Perjuangan Bangsa Kabupaten Majalengka.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Feb 2017 08:18
Last Modified: 06 Jun 2017 06:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/735

Actions (login required)

View Item View Item