PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANTEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM RANGKA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (EKONOMI) KELAS VIII DI MTs KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON (PenelitianTindakan Kelas)

LISTARI, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANTEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM RANGKA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (EKONOMI) KELAS VIII DI MTs KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON (PenelitianTindakan Kelas). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
LISTARI_58440908__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

LISTARI: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM RANGKA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (EKONOMI) KELAS VIII DI MTs KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON Berdasarkan studi pendahulu di MTs Kapetakan Kabupaten Cirebon, menemukan bahwa pada proses pembelajaran IPS Ekonomi guru cenderung tetap menggunakan metode ceramah, penugasan dan Tanya jawab belum bervariasi, sehingga siswa kurang mandiri dan daya kreatifnya terbatas. Kurangnya variasi penggunaan model pembelajaran mengakibatkan siswa merasa jenuh dan bosan dalam pembelajaran IPS Ekonomi yang berpengaruh pada pencapaian hasil belajar siswa, sehingga hasil belajar siswanya masih banyak yang dibawah 65 kriteria ketuntasan minimum (KKM). Atas dasar inilah penulis terdorong untuk melakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran Team Assited Individualization (TAI) dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang penerapan model TAI pada pelajaran IPS (Ekonomi),mendapat data mengenai hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran TAI pada pelajaran IPS (Ekonomi), serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS (Ekonomi) kelas VIII Di MTs Kapetakan Kabupaten Cirebon. Berdasarkan pada kerangka pemikiran dimana guru memiliki peran menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Dalam hal ini model Team Assited Individualization (TAI) merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran sehingga terdapat peningkatkan hasi belajar siswa. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C MTs Kapetakan Kabupaten Cirebon yang berjumlah 34 siswa. Penerapan model pembelajaran Team Assited Individualization (TAI) dalam pembelajaran IPS (Ekonomi) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan melihat hasil tes yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana pra tindakan hasil belajar siswa dengan rata-rata 52,35 dibulatkan menjadi 53 dan ketuntasan belajar siswa mencapai 24% mengalami peningkatan pada siklus I dengan perolehan rata-rata sebesar 60 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 53%, kemudian di siklus II mengalami peningkatan lagi dengan perolehan rata-rata sebesar 74 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 80% dan disempurnakan dengan hasil belajar siswa pada siklus III dengan perolehan nilai rata-rata 85 dan ketuntasan belajar siswa mencapai 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Kapetakan Kabupaten Cirebon

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Feb 2017 08:20
Last Modified: 06 Jun 2017 06:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/736

Actions (login required)

View Item View Item