KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs NU ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON

M. TAUFIQ HIDAYAT, (2012) KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs NU ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
M. TAUFIQ HIDAYAT_07440535__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

M. TAUFIQ HIDAYAT : KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs NU ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON. Guru berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Di dalam kelas guru malaksanakan dua kegiatan pokok yaitu kegiatan mengajar dan kegiatan mengelola kelas. Kegiatan mengajar pada hakikatnya adalah proses mengatur, mengorganisasi lingkungan yang ada di sekitar siswa, dan Pengelolaan kelas tidak hanya berupa pengaturan kelas, fasilitas fisik dan rutinitas. Untuk menciptakan dan mempertahankan suasana dan kondisi kelas. Sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang kemampuan guru dalam mengelola kelas dan prestasi belajar siswa, serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh megelola kelas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs NU Astajapura Kabupaten Cirebon. Keberhasilan guru mengajar di kelas tidak cukup bila hanya berbekal pada pengetahuan tentang kurikulum, metode mengajar, media pengajaran, dan wawasan tentang materi yang akan disampaikan kepada anak didik. Di samping itu guru harus menguasai kiat manajemen kelas. Manajemen kelas bukanlah masalah yang berdiri sendiri, tetapi terkait dengan berbagai faktor. Permasalahan anak didik adalah faktor utama yang dilakukan guru tidak lain adalah untuk meningkatkan kegairahan siswa baik secara berkelompok maupun secara individual. Banyak faktor penyebab mengapa siswa cendrung berprilaku buruk, di antaranya adalah faktor sosial, ekonomi, kultural, agama, jenis kelamin, ras, tempat tinggal, perbedaan potensial kognitif, kesehatan, kebiasaan hidup. Penelitian dilakukan dengan pendekatan empirik. Adapun data yang dibutuhkan adalah, pertama data teoritik diperoleh melalui teknik dokumenter yang bersumber dari buku-buku literatur lainnya yang ada hubungannya dengan judul skripsi untuk dijadikan sumber rujukan, kedua data empirik diperoleh melalui terjun langsung ke objek penelitian dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola kelas di MTs NU Astanajapura Kabupaten Cirebon termasuk kategori cukup baik yang berada pada rentang 55% - 74 % sebesar 55,00% dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS termasuk kategori baik sebesar 76,14. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment menunjukan bahwa antara kemampuan guru dalam mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa diperoleh nilai sebesar 0,48. Artinya bahwa korelasi antara dua variabel tersebut termasuk kedalam kategori sedang/cukupan karena berada pada rentang nilai 0,40-0,70.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Feb 2017 08:23
Last Modified: 06 Jun 2017 06:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/737

Actions (login required)

View Item View Item