UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORI, KINESTETIK (VAK) PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VIII DI SMP NEGERI 13 CIREBON

MARETTA PUTRI, (2012) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORI, KINESTETIK (VAK) PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VIII DI SMP NEGERI 13 CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
maretta Putri_58440909__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

MARETTA PUTRI: Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetik (VAK) Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII di SMP Negeri 13 Cirebon Berdasarkan hasil Studi pendahuluan yang dilakukan penulis di SMP Negeri 13 Cirebon menemukan bahwa kurangnya variasi dalam penggunaan model pembelajaran mengakibatkan siswa merasa kejenuhan dan bosan dalam pembelajaran IPS yang berpengaruh pada menurunnya minat siswa untuk belajar, hal ini terlihat dari siswa kurang memperhatikan guru, sehingga siswa kurang berperan aktif di kelas, dan hasil prestasi belajar siswanya masih banyak yang di bawah nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 65 dalam proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran IPS. Atas dasar inilah penulis terdorong untuk melakukan penelitian tentang upaya peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran visualization, auditory, kinestetik (VAK). Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan model pembelajaran visualization, auditory, kinestetik (VAK). dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran IPS ekonomi kelas VIII di SMP Negeri 13 Cirebon , menggambarkan data tentang motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi kelas VIII di SMP Negeri 13 Cirebon, dan untuk menggambarkan data tentang peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran visualization, auditory, kinestetik (VAK) terhadapa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi kelas VIII di SMP Negeri 13 Cirebon. Berdasarkan pada kerangka pemikiran bahwa model pembelajaran VAK merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan motivasi belajar siswa. Dan penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran merupakan salah satu faktor yang turut mendukung keberhasilan tujuan pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif yaitu dilihat dari hasil belajar siswa sedangkan data kuantitatif yaitu dilihat dari aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran, Metode dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi dan tes. Peneliti melakukan penelitian di SMP Negeri 13 Cirebon, dan sumber data penelitian ini berasal dari siswa kelas VIII-F dengan jumlah siswa 30 orang. Berdasarkan hasil Penerapan model pembeljaran Visualization, Auditori, Kinestetik (VAK) dikategorikan baik. Hal ini dilihat hasil lembar observasi guru dan lembar ovservasi siswa selama proses pembelajaran dari setiap siklusnya mengalami peningkatan. Dari hasil lember observasi guru pada siklus I rat-rata 3 dikategorikan cukup baik, siklus II rata-ratanya sebesar 4 dikategorika baik, dan siklus III rata-ratany sebesar 5 dikategorikan baik sekali. Sedangkan lember observasi siswanya pada siklus I rata-ratanya 3 (50%) dikategorikan cukup baik,siklus II rata-ratanya sebesar 4 (76%) dikategorikan baik,dan siklus III rata-ratanya sebesar 5 (92%) di kategorikan baik sekali.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 21 Feb 2017 06:36
Last Modified: 06 Jun 2017 06:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/739

Actions (login required)

View Item View Item