UPAYA PEMBINAAN MORAL SISWA DALAM PERGAULAN TEMAN SEBAYA KELAS XI IPS DI SMA N 8 KOTA CIREBON

MARYAM MARSHELLYNA, (2012) UPAYA PEMBINAAN MORAL SISWA DALAM PERGAULAN TEMAN SEBAYA KELAS XI IPS DI SMA N 8 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MARYAM MARSHELLYNA_58440816__OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

MARYAM MARSHELLYNA : Upaya Pembinaan Moral Siswa Pergaulan Teman Sebaya Kelas XI Ips di SMA N 8 Cirebon Pembinaan moral siswa merupakan salah satu cara untuk memebentuk mental siswa agar memiliki pribadi yang bermoral, berbudi pekerti yang luhur dan bersusila, cara tersebut sangat tepat untuk membina mental anak remaja. Dalam proses pembinaan moral merupakan penentuan bagi umat manusia untuk memiliki sifat mental dan kepribadian baik.itulah yang mendasari pemikiran penulis. Tujuan dalam penelitian ini adalah1. Untuk mengetahui upaya pembinaan apa sajakah yang telah dilakukan oleh lembaga sekolah untuk memperbaiki moral siswa dalam pergaulan teman sebaya pada kelas XI IPS di SMA N 8 Cirebon. 2 Untuk mengetahui bagaimana upaya para guru mentransmisikan nilai-nilai moral pada kelas XI IPS di SMA N 8 Cirebon. 3. Untuk mengetahui mengapa diperlukan upaya pembinaan moral pada kelas XI IPS di SMA N 8 Cirebon. Penelitian ini bertolak pada kerangka pemikiran bahwa dari waktu ke waktu, permasalahan moral di kalangan remaja cenderung semakin meningkat. Dalam memaknai pendidikan remaja, seringkali diskursus yang kemudian muncul adalah paradigma gejala psikologis dan sosiologis. Hal demikian disebabkan oleh problematika remaja Indonesia yang mempunyai kecenderungan negatif yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, seiring dengan majunya zaman. Oleh karena itu dengan pembinaan perilaku siswa dalam pergaulan teman sebaya diharapkan akan menciptakan siswa yang memiliki sikap, pembicaraan, minat, penampilan, dan perilaku lebih agamis sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini meliputi siswa SMA Negeri 8 Cirebon kelas XI jurusan IPS yang terdiri dari 5 kelas, yaitu kelas XI.IS 1, Kelas XI.IS 2, kelas XI.IS.3, kelas XI IPS 4, Dan kelas XI IPS 5 yang memiliki perilaku atau kepribadian yang berbeda, serta memiliki kemampuan akademik yang berbeda pula. Adapun kesimpulannya sebagai berikut: upaya guru dan lembaga sekolah untuk mentransmisikan pembinaan moral dengan cara mengucapkan salam sebelum pembelajaran berlangsung, setiap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di tanamkan pendidikan berkarakter seperti religius, kerja keras, pantang menyerah, jujur, disiplin, mandiri, tanggung jawab, menghargai prestasi, bersahabat/komunikasi, peduli sosial. kegiatan keagamaan (mengaji) pada pagi hari mulai pukul (06.45-07.00), Melakukan kegiatan upacara pada hari senin.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 21 Feb 2017 06:39
Last Modified: 06 Jun 2017 06:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/740

Actions (login required)

View Item View Item