UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SELF ASSESSMENT PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 9 KOTA CIREBON

META NURLIANTI, (2012) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SELF ASSESSMENT PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 9 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
META NURLIANTI_58440910__OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

META NURLIANTI : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Self Assessment Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMAN 9 Kota Cirebon. Penerapan model pembelajaran berbasis self assessment bagi peningkatan hasil belajar Ekonomi kelas X5 SMAN 9 Kota Cirebon merupakan salah satu upaya guru untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran karena model ini termasuk model yang bersifat kooperatif yang dapat membangkitkan bakat dan minat siswa dalam belajar. Tujuan dilaksanakannya kegiatan penelitian ini adalah : pertama; untuk mengkaji tentang penerapan model pembelajaran berbasis self assessment kepada siswa kelas X5 di SMAN 9 Kota Cirebon dalam kegiatan pembelajaran Ekonomi, kedua; untuk mengetahui gambaran perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran siswa kelas X5di SMAN 9 Kota Cirebon, ketiga; untuk mengetahui gambaran data peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis self assessment pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X5 di SMAN 9 Kota Cirebon. Usaha-usaha guru dalam mengatur dan menggunakan berbagai variable pembelajaran merupakan bagian penting dalam menentukan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan belajar yang direncanakan. Untuk mewujudkan pembaharuan, inovasi atau gerakan perubahan kearah pencapaian tujuan mewujudkan diatas, model pembelajaran berbasis self assessment dapat menjadi salah satu alternative model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Jenis dalam penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data : observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan hasil belajar siswa. Yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas X5 di SMAN 9 Kota Cirebon tahun pelajaran 2011-2012 yang berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: berdasarkan data awal sebelum menerapkan model pembelajaran berbasis self assessment masih sangat kurang dalam kegiatan pembelajaran. Setelah dilaksanakan siklus I sampai siklus II meningkat. Prosentase hasil belajar siswa dari data awal, siklus I, dan siklus II adalah : Data awal siswa yang tuntas adalah 10 anak dengan persentase 26%, sedangkan anak yang belum tuntas 23 anak dengan persentase 74%. Siklus I siswa yang tuntas adalah 16 anak dengan persentase 48%, sedangkan anak yang belum tuntas 17 anak dengan persentase 52%. Siklus II siswa yang tuntas adalah 29 anak dengan persentase 85%, sedangkan anak yang belum tuntas 4 anak dengan persentase 15%. Jadi siklus akhir adalah 19 anak tuntas dengan persentase 62%, dengan perincian 29 anak tuntas pada sikls II dikurangi 10 anak dari data awal sehingga siklus akhirnya adalah 19 anak tuntas dengan persentase 62%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 21 Feb 2017 06:44
Last Modified: 06 Jun 2017 06:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/741

Actions (login required)

View Item View Item