PENGARUH KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU TERHADAP KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DI MTs BACHRUL ULUM SINDANG LAUT KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON

MOCH. FARIZAL, (2012) PENGARUH KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU TERHADAP KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DI MTs BACHRUL ULUM SINDANG LAUT KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
moch. farizal_58440866__ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

MOCH. FARIZAL : PENGARUH KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU TERHADAP KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS (DI MTs BACHRUL ULUM SINDANG LAUT) Guru merupakan titik sentral dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional. Pemerintah berusaha memperbaiki kualitas guru melalui kualifikasi, kompetensi, dan sertifikasi sebagaimana yang tertuang dalam UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang merupakan angin segar bagi guru untuk meningkatkan kesejahteraannya melalui sertifikasi untuk guru yang telah memiliki kompetensi yang lebih tinggi, kinerja lebih baik dan memiliki kualifikasi yang sesuai dengan jejnjang pendidikan dimana guru tersebut bekerja. Akan tetapi dalam pelaksanaannya di MTs Bachrul Ulum Sindang Laut adalah rendahnya kompetensi paedagogik guru. Kurangnya penggunaan metode dan model sesuai materi dalam pembelajaran mengakibatkan kondisi kelas tidak kondusif. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah: Untuk memperoleh data tentang kompetensi paedagogik yang dimiliki guru di MTs Bachrul Ulum Sindang Laut. Untuk memperoleh data tentang keterampilan pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru di MTs Bachrul Ulum Sindang Laut. Untuk memperoleh datatentang seberapa besar pengaruh kompetensi paedagogik guru terhadap keterampilan pengelolaan kelas di MTs Bachrul Ulum Sindang Laut. Pengelolaan kelas yang tidak kondusif perlu di evaluasi dan diarahkan secara terprogram, berkelanjutan melalui sistem pembinaan kompetensi paedagogik guru. Pengembangan guru professional yang diharapkan adalah dalam program berorientasi kepada peningkatan kualitas pengetahuan, penguasaan materi, teknik mengajar, interaksi guru dan siswa, metode mengajar, pengelolaan pembelajaran untuk menyusun rencana pembelajaran dengan memperhatikan indikator. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Kuantitatif, yaitu pendekatan yang memungkinkan dilakukan pencatatan dan analisis data hasil penelitian dihitung menggunakan statistik dan dijabarkan secara kuantitatif. Sedangkan dalam pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket, observasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif yang dilaksanakan di MTs Bachrul Ulum Sindang Laut Cirebon. Rumus yang digunakan dalam menganalisis data adalah rumus uji t. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan Pengaruh Kompetensi Paedagogik Guru Terhadap Keterampilan Pengelolaan Kelas di MTs Bachrul Ulum Sindang Laut adalah 0,239. Ini menunjukkan bahwa Pengaruh Kompetensi Paedagogik Guru Terhadap Keterampilan Pengelolaan Kelas di MTs Bachrul Ulum masih tergolong rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 21 Feb 2017 06:46
Last Modified: 06 Jun 2017 06:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/742

Actions (login required)

View Item View Item