DZIKIR SEBAGAI UPAYA PEMBERSIHAN JIWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KESEHATAN MENTAL DALAM TAREKAT TIJANIYYAH DI BUNTET CIREBON

Apriani, (2012) DZIKIR SEBAGAI UPAYA PEMBERSIHAN JIWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KESEHATAN MENTAL DALAM TAREKAT TIJANIYYAH DI BUNTET CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
APRIYANI_58511420.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Apriani : Dzikir Sebagai Upaya Pembersihan Jiwa Dan Implikasi Terhadap Kesehatan Mental Dalam Tarekat Tijaniyah Di Buntet Kab. Cirebon Kesadaran akan kelemahan dan kekurangan yang melekat pada diri manusia sebagai ciptaan Allah SWT. Tarekat Tijaniyah merupakan salah satu jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT sehingga dapat mengangkat martabatnya sebagai makhluk yang sempurna. Dalam proses mencapai tujuan ajara tarekat Tijaniyah tentunya tidak terlepas dari beberapa unsur pendukung seperti, Sang guru (mursyid), murid, dan dzikir. Dalam upaya pembersihan jiwa dan kesehatan mental, maka menarik untuk mengetahui bagaimana ajaran tarekat Tijaniyah, mengenai dzikir yang membawa dampak positif dalam jiwa dan mental. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang kondisi objektif masyarakat yang masuk ke tarekat Tijaniyah, data tentang amalan tarekat Tijaniyah dan kondisi masyarakat selelah melakukan dzikir tarekat Tijaniyah.Untuk mengumpulkan data dalam penyusunan skripsi ini, penulus menggunakan penelitian lapangan dan kepustakaan. Penelitian lapangan mengunakan teknik interview, sedangkan kepustakaan menginfestasi buku-buku tentang tarekat Tijaniyah. Kesimpulan penelitian ini adalah tarekat Tijaniyah menpunyai tiga macam dzikir yaitu: Lazimah, Wazhifah, dan Hailalah. Dzikir ini mempunyai implikasi bagi kesehatan mental dan jiwa. Selain itu dengan cara berdzikir, merupakan salah satu upaya mendekatka diri kepada Allah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 22 Feb 2017 05:14
Last Modified: 06 Jun 2017 02:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/745

Actions (login required)

View Item View Item