DAYA TARIK DAKWAH K.H. ADIB ROFIUDDIN IZZA DAN RESPON MASYARAKAT (MAD’U) (Studi Kasus Masyarakat Lingkungan Ponpes Buntet Kab : Cirebon)

AIM MADAIM, (2010) DAYA TARIK DAKWAH K.H. ADIB ROFIUDDIN IZZA DAN RESPON MASYARAKAT (MAD’U) (Studi Kasus Masyarakat Lingkungan Ponpes Buntet Kab : Cirebon). Post-Doctoral thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DAK-107120001.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

AIM MADAIM : Daya tarik Dakwah K.H Adib Rofiuddin Izza dan Respon Masyarakat (Mad'u) (Studi Kasus Masyarakat Ponpes Buntet Kabupaten Cirebon) Keagungan Islam dan kemuliaannya terletak di pundak seorang da’i. Da’i sebagai pengemban dan penerus estafet risalah kedudukannya sangat mulia dan digambarkan oleh Al-Qur’an sebagai orang yang sangat bagus ucapannya (Q.S. Fusilat : 33). Seruan kejalan Allah adalah sifat konsisten dari metode dakwah yang dicenangkan oleh Nabi. Potret da’i dianggap sebagai unsur terpenting dalam kegiatan dakwah. Dari masa Rasulullah, dakwah dengan menghadirkan da’i sebagai juru dakwah terbukti sukses meraih mad’u dari masa ke masa. Namun seiring dengan berjalannya waktu, dakwah konvensional dianggap kurang dapat menarik perhatian mad’u. Jumlah mad’u dari masa ke masa cenderung mengalami kemerosotan. Namun tidak demikian halnya dengan dakwah K.H Adib Rofiuddin Izza. Dakwah beliau tampak sangat diminati. Setiap minggunya, puluhan bahkan ratusan warga tampak selalu antusias berbondongbondong menghadiri pengajian-pengajian yang digelar oleh K.H Adib Rofiuddin Izza. Melihat fenomena tersebut, peneliti merasa tertarik untuk meneliti apa saja yang menjadi daya tarik dakwah K.H Adib Rofiuddin Izza dan bagaimana respon masyarakat sekitar.Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang daya tarik dakwah dan karakter pribadi K.H Adib Rofiuddin Izza sebagai seorang da’i untuk menjelaskan respon masyarakat terhadap model dakwah K.H Adib Rofiuddin Izza dan aktivitas dakwah K.H Adib Rofiuddin Izza. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dan menerapkan tehnik observasi partisipasi, dimana penulis ikut hadir dalam dakwahnya K.H Adib Rofiuddin Izza. Untuk melengkapi informasi, peneliti menyebarkan angket dan wawancara. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa daya tarik dakwah K.H Adib Rofiuddin Izza terletak pada tutur katanya yang lembut pada semua orang,sopan, prilaku sehari-hari di buntet maupun di luar buntet dan isi materinya yang menyentuh hati seperti pesan-pesan moral, akhlak, aqidah dan tauhid.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 22 Feb 2017 07:34
Last Modified: 22 Feb 2017 07:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/748

Actions (login required)

View Item View Item