UPAYA PENGGUNAAN MEDIA FILM STRIP UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUB BAB MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL DAN MAKHLUK EKONOMI MATA PELAJARAN EKONOMI (PTK pada siswa Kelas VII MTs Al-Muntohir Kecamatan Sedong)

Muhamad Taofik, (2012) UPAYA PENGGUNAAN MEDIA FILM STRIP UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUB BAB MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL DAN MAKHLUK EKONOMI MATA PELAJARAN EKONOMI (PTK pada siswa Kelas VII MTs Al-Muntohir Kecamatan Sedong). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
muhamad taofik_58440867__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Muhamad Taofik : “Upaya Penggunaan Media Film Strip untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Sub Bab Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Makhluk Ekonomi Mata Pelajaran Ekonomi”. (Studi Kasus di MTs AL Munthohir Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon Periode 2012-2013) Proses pembelajaran dengan penggunaan model-model dan metode yang baik dan ditunjang dengan penggunaan media film strip seharusnya mendapatkan hasil yang diharapkan oleh guru. Tapi kenyataan di lapangan bahwa pelaksanaan yang dilakukakn guru tidak sebanding dengan hasil prestasi belajar siswa, mengingat akan hal tersebut guru terus melakukan pendekatan dalam hal media, model dan metode. Akan tetapi masih saja ada kekurangan di dalam hasil akhir atau evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang penggunaan media film strip kelas VII di MTs Al-Muntohir Kec. Sedong Kab. Cirebon. Untuk memperoleh data tentang prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi Kelas VII di MTs Al-Muntohir Kec. Sedong Kab. Cirebon Upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya yaitu dengan terlaksananya kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kreatifitas pada siswa dan tidak terjadi pembelajaran yang monoton, untuk terlaksananya hal itu diadakannya media pembelajaran yang akan digunakan oleh guru, diantaranya dengan menggunakan media film strip yang diperkenalkan oleh deutsch (1962), dan johnson (1991), hakikat media film strip dilandasi bahwa manusia lebih mudah mencapai keberhasilan atau tujuan itu dalam bekerjasama dalam kemampuan kedua belah otak yang dimiliki manusia maka dapat mempermudah peserta didik dalam mengingat informasi dan menumbuhkan imajinasi sehingga membuat peserta didik kreatif dalam belajar. Metodologi penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan meneliti ada tidaknya perubahan yang signifikan, dengan Prestasi belajar disetiap pertemuan atau persiklusnya., sehingga dengan menggunakan media film strip seperti ini penulis berharap adanya kesimpulan yang baik terhadap upaya penggunaan media film strip untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A, instrumen yang digunakan adalah angket, tes bentuk pilihan ganda, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis pada sampel kelas VII A, maka di dapatkan hasil bahwa penggunaan media film strip di MTs ALMunthohir termasuk kategori baik karena terdapat pada rentan 75%-100%. Siklus I : kriteria BELUM TUNTAS ada 19 siswa, dan kriteria TUNTAS ada 21 siswa. Siklus II : kriteria BELUM TUNTAS ada 6 siswa, dan kriteria TUNTAS ada 34 siswa. Siklus III : kriteria BELUM TUNTAS ada 4 siswa, dan kriteria TUNTAS ada 36 siswa. Adapun untuk hasil belajar siswa selama pembelajaran di MTs ALMuntahir dari siklus I-III adalah 52% (Siklus I), 85% (Siklus II), 90% (Siklus III) dengan nilai terendah 50 dan tertinggi 90.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Feb 2017 03:41
Last Modified: 07 Jun 2017 04:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/751

Actions (login required)

View Item View Item