Penerapan Aplikasi Tik Tok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas XI dalam Pembelajaran Daring di SMAN 1 Luragung

Eef Marfu'ah, (2021) Penerapan Aplikasi Tik Tok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas XI dalam Pembelajaran Daring di SMAN 1 Luragung. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran dengan sistem pembelajaran daring adalah salah satu upaya dan kebijakan Mendikbud terhadap pendidikan di Indonesia yang ikut terdampak karena wabah pandemi Covid-19 pada saat ini. Proses komunikasi dan interaksi guru dengan siswa di masa pandemi Covud-19 mengalami perubahan, kegiatan yang semulanya dilakukan secara tatap muka di ruang kelas (konvensional) kini beralih menjadi interaksi secara virtual (online). Keterampilan berpikir kritis siswa adalah kemampuan tingkat tinggi siswa dalam menguasai konsep pembelajaran yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian adalah (1) mengkaji keterampilan berpikir kritis siswa pada saat aktivitas belajar dengan menggunakan aplikasi Tik Tok pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, (2) menganalisis perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan aplikasi Tik Tok dengan siswa yang tidak menggunakan aplikasi Tik Tok dan (3) mengkaji seberapa besar respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Tik Tok. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Luragung Semester Genap tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui test berupa pretest-posttest, lembar observasi dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitaif deskriptif dengan uji statistik melalui program SPSS untuk menguji normalitas, homogenitas, uji N-gain serta untuk menguji kebenaran hipotesis menggunakan uji paired sampel t-Test dan uji independt t-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) keterampilan berpikir kritis siswa saat aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan pada kelas kontrol serta kehadiran dan nilai tugas siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol, (2) terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, akan tetapi pada kelas eksperimen keterampilan berpikir kritis siswa lebih tingi dibandingkan dengan perolehan nilai sebesar 60, 42 dan pada kelas kontrol sebesar 48,86. Hasil uji paired sampel t-Test menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Tik Tok dalam pembelajaran memberikan pengaruh yang baik dan efektif untuk digunakan sebagai alternatif media pembelajaran online. (3) Siswa memberikan respon baik dengan nilai presentasi mencapai 78% dan termasuk kategori kuat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 28 Jul 2022 02:30
Last Modified: 28 Jul 2022 04:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7515

Actions (login required)

View Item View Item