Penerapan E-Modul Materi Virus Berbasis Socio-Scientific Issue Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Sliyeg

Sulistiani, (2021) Penerapan E-Modul Materi Virus Berbasis Socio-Scientific Issue Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Sliyeg. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang masih terbatas dan belum sepenuhnya berjalan secara maksimal dalam pemanfaatkan teknologi di setiap sekolah. Hal tersebut memungkinkan siswa kurang aktif dalam memanfaatkan teknologi yang ada dalam memecahkan permasalahan yang ada. Selain itu, pola pembelajaran yang masih terfokus pada guru sebagai pusat pembelajaran, menyebabkan siswa kurang kritis dalam memahami persoalan yang ada dalam menemukan konsep baru, sehingga dibutuhkan inovasi pembelajaran dalam memanfaatkan teknologi, salah satunya dengan penerapan E-modul berbasis socio-scientific issue. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan E-modul berbasis socio�scientific issue untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design, dengan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil tersebut ditunjukkan dengan selisih rata-rata hasil pretest dan posttest pada kelas kontrol sebesar 12 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 18. Selain itu, hasil rata-rata hasil observasi kesatu dan kedua lebih tinggi pada kelas eskperimen. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari paired samples statistik bagian mean yaitu pada kelas eksperimen sebesar 19,16 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 14,26. Data di atas menunjukkan terjadinya peningkatan keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen. Hasil angket respon siswa menunjukkan kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan E-modul menggunakan android appy pie berbasis socio-scientific issue berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siwa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 28 Jul 2022 02:33
Last Modified: 07 Dec 2022 03:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7518

Actions (login required)

View Item View Item