Penerapan pendekatn CTL (content teaching And Learning) Pada Pembelajaran Biologi Materi Pencemaran Lingkungan untuk meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Peduli lingkungan hidup

Siti Sri Astuti, (2021) Penerapan pendekatn CTL (content teaching And Learning) Pada Pembelajaran Biologi Materi Pencemaran Lingkungan untuk meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Peduli lingkungan hidup. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang diajarkan pada saat ini hendaknya memberikan penekanan bukan hanya pada teori melainkan mengajarkan bagaimana cara suatu pembelajaran yang dapat diterapkan dalam suatu permasalahan lingkungan. Dalam hal ini penelitian ini bertujuan untuk 1)Mengetahui aktivitas belajar siswa terhadap pembelajaran biologi menggunakan penerapan CTL (Contextual Teaching and Learning) 2)Mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa 3)Mengetahui sikap peduli lingkungan siswa pada saat pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan menggunakan CTL, sedangkan kelompok kontrol menggunakan ceramah. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu CTL, dan variabel terikat yaitu sikap peduli lingkungan. Metode pengumpulan data yaitu tes untuk mengetahui hasil belajar, angket untuk mengumpulkan data tentang sikap peduli lingkungan, dan observasi untuk mengumpulkan data tentang proses pembelajaran. Kemudian dianalisis dengan uji homogenitas, normalitas, uji beda dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan penerapan pendekatan CTL pembelajaran kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan rata-rata persentase aktivitas siswa kelas eksperimen pada setiap pertemuan yakni 75% dan 88% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 74% dan 85%. Hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol meningkat, rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,59 dan kelas kontrol sebesar 0,40. Sikap peduli lingkungan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol meningkat, rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,50 dan kelas kontrol sebesar 0,33. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat diterapkan dengan sangat baik, hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan meningkat dan sikap peduli lingkungan siswa sangat positif terhadap penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:06
Last Modified: 28 Jul 2022 04:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7523

Actions (login required)

View Item View Item