PENGARUH PERHATIAN DAN SIKAP MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI Pada Siswa Kelas X di MA Sahabat Abah Gintung Kidul Kec. Ciwaringin Kab. Cirebon

MUSLIMAT, (2012) PENGARUH PERHATIAN DAN SIKAP MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI Pada Siswa Kelas X di MA Sahabat Abah Gintung Kidul Kec. Ciwaringin Kab. Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MUSLIMAT_58440868__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

MUSLIMAT : PENGARUH PERHATIAN DAN SIKAP MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI pada Siswa Kelas X di MA Sahabat Abah Gintung Kidul Kec. Ciwaringin Kab. Cirebon Perhatian dan sikap mengajar guru dapat mempengaruhi minat belajar siswa, sehingga seorang Guru harus mampu memberikan perhatian yang cukup untuk siswa, dan menunjukan sikap yang baik pada siswanya, karena Guru mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk membantu menumbuhkan minat siswa dalam mempelajari IPS Ekonomi. Siswa dengan intensitas perhatian yang tinggi dan sikap mengajar yang baik dari guru akan cepat menumbuhkan minat siswa untuk mempelajari IPS Ekonomi. Dengan perhatian dan sikap mengajar guru yang dilakukan secara kontinu maka guru juga dapat mengetahui sedini mungkin kesulitan yang dihadapi anak dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui seberapa besar perhatian dan sikap mengajar Guru dalam menunjang keberhasilan belajar siswa. (2) untuk mengkaji peningkatan minat belajar siswa dalam mempelajari mata pelajaran IPS Ekonomi (3) untuk mengkaji seberapa besar pengaruh perhatian dan sikap mengajar Guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi. Penelitian dilaksanakan di MA Sahabat Abah Gintung Kidul Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon Mata Pelajaran IPS Kelas X dengan populasi seluruh Kelas X dengan jumlah 35.Karena jumlah keseluruhan siswa hanya 35 siswa, maka seluruh siswa tersebut dijadikan sampel penelitian.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, angket, dokuentasi, dan observasi. Data yang disajikan berbentuk kuantitatif. Perhatian dan sikap mengajar Guru masi rendah. Hal ini perlu dikembangkan lagi, berkelanjutan melalui sistem pembinaan profesional yang diharapkan yang beroentasi pada peningkatan sikap seorang Guru. Sehingga ada interaksi yang baik antara Guru dan siswa. Dan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Berdasarkan data hasil analisis didapatkan nilai r hitung sebesar 0,424, nilai ini menunjukkan adanya hubungan antara perhatian dan sikap mengajar guru dengan peningkatan minat belajar siswa dalam mempelajari IPS Ekonomi di MA Sahabat Abah Gintung Kidul Kec. Ciwaringin Kab. Cirebon, karena berdasarkan asumsi Sugiyono (2008) nilai tersebut berada pada rentang antara 0,400 – 0,599yang artinya Korelasi yang sedang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Feb 2017 03:49
Last Modified: 07 Jun 2017 03:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/753

Actions (login required)

View Item View Item