PENERAPAN METODE SNOWBALL DRILLING (LATIHAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KALIWEDI KECAMATAN KALIWEDI KABUPATEN CIREBON

NAFISATIN, (2012) PENERAPAN METODE SNOWBALL DRILLING (LATIHAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KALIWEDI KECAMATAN KALIWEDI KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NAFISATIN_58440913___OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

NAFISATIN :“Penerapan Metode Snowball Drilling(Latihan) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Di Smp Negeri 1 Kaliwedi Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon”. Kegiatan pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kaliwedi bisa dikatakan monoton atau tanpa ada variasi baik dari segi model, strategi, metode ataupun pendekatan pembelajaran atau bisa disebut juga pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan pendekatan yang tradisional dalam aktivitas pembelajaranya. jadi guru hanya menjadi subjek, satu–satunya pusat informasi pengetahuan, sedangkan anak sebagai objek yang harus diisi atau guru hanya menyampaikan materi–materi pelajaran dan siswa dituntut untuk menghafal semua pengetahunya. pada akhrinya pembelajaran seperti ini tidak bisa menggali potensi terbesar anak didik, kreativitas anak tidak berkembang dalam membangun sendiri konsep – konsep pengetahuanya dari sumber – sumber yang ada , efektivitas pembelajaran tidak tercapai, dan anak merasa jenuh dan pada akhirnya semua ini berimbas kepada hasil belajar siswa yang kuarang atau kecil. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui penerapan metode snowball drilling dalam mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri I Kaliwedi Kabupaten Cirebon. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri I Kaliwedi Kabupaten Cirebon. (3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode snowball drilling pada mata pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri I Kaliwedi Kabupaten Cirebon. Metode snowball drilling tidak di pakai dalam konteks diskusi, melainkan pemberian informasi sebanyak-banyaknya melalui latihan soal-soal. Snowball drilling bukan untuk pembelajaran berbasis masalah melaikan materi-materi yang bersifat factual. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kaliwedi Kabupaten Cirebon. Penelitian ini terdiri dari tiga(3) siklus. Teknik pengumpulan data berupa tes, lembar observasi dan angket . Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Kaliwedi Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian Penerapan metode snowball drilling pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP Negeri I Kaliwedi kabupaten Cirebon, sudah berhasil dan mampu diterapkan oleh guru mata pelajaran IPS, sehingga siswa lebih tertarik pada pelajaran IPS.Metode snowball drilling dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri I Kaliwedi kabupaten Cirebon pada mata pelajaran IPS pada mata pelajaran IPS terpadu pada tahun ajaran 201102012. Ketuntasan klasikal sebelum tindakan 12%, meningkat pada siklus I 30%, meningkat lagi pada siklus II yaitu sebesar 73,5%, dan pada siklus yang terakhir atau siklus III mengalami peningkatan sebesar 92,5%. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan penerapan metode snowball drilling pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri I Kaliwedi kabupaten Cirebon kelas VIII D mencapai 81,25 %, artinya menunjukkan secara keseluruhan respon siswa terhadap metode snowball drilling sangat kuat. i

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Feb 2017 04:28
Last Modified: 06 Jun 2017 07:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/755

Actions (login required)

View Item View Item