UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VII DI MTs PRAKARYA PUI PANJALIN KECAMATAN SUMBERJAYA KABUPATEN MAJALENGKA

NENG SUGIHARTATI, (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VII DI MTs PRAKARYA PUI PANJALIN KECAMATAN SUMBERJAYA KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NENG SUGIHARTATI_58440825__OK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

NENG SUGIHARTATI : “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VII Di MTs Prakarya PUI Panjalin Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka” Dalam proses pembelajaran, siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berfikir.Siswa dipaksa untuk mengingat dan menumpuk berbagai informasi tanpa dituntut untuk dapat mengemukakan pendapatnya, hal ini menjadi siswa kaya secara teori tetapi sangat miskin dalam aplikasi. Banyak guru yang menggunakan metode ceramah dan tanya jawab akibatnya siswa cenderung pasif, bosan, dan monoton sehingga kurang mengasah cara berfikir kritis, dalam KBM guru banyak menggunakan sistem diktat (catat mencatat), siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru tanpa melibatkan siswa sehingga hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi masih relatif rendah dan kurangnya minat siswa dalam belajar. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan data penerapan model pembelajaran picture and picture, mendeskripsikan data hasil belajar siswa , dan mengkaji upaya peningkatan hasil belajar siswa malalui model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPS ekonomi kelas VII di MTs Prakarya PUI Panjalin Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka. Penelitian skripsi ini didasarkan atas pemikiran bahwa untuk pencapaian sebuah hasil belajar yang maksimal salah satunya diperlukan sebuah model pembelajaraan yang baik dan juga disenangi oleh siswa, sehingga mereka merasa tertarik, senang, semangat dalam belajar dan pada akhirnya akan mencapai nilai yang kita harapkan. Setiap model pembelajaran harus kita persiapkan dengan baik agar proses pembelajaran dapat berlangsung efektif, tanpa persiapan yang matang pembelajaran apapun akan menjadikan siswa menjadi jenuh, monoton. Model pembelajaran picture and picture adalah suatu metode belajar yang menggunakan gambar dan dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan logis. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan empirik melalui implementasi penelititan tindakan kelas (PTK), sedangkan dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, tes dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPS ekonomi tentang kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang atau jasa dapat meningkatkan keaktifan siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari nilai rata-rata 64,7 dan ketuntasan klasikal 53,3% pada siklus I, pada siklus II nilai rata-rata 71,5 dan ketuntasan klasikal 73,3% dan pada siklus III menjadi meningkat dengan nilai rata-rata hasil belajar 77,0 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga model pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif pilihan pada

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Feb 2017 04:31
Last Modified: 06 Jun 2017 07:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/756

Actions (login required)

View Item View Item