UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI Di SMA 9 KOTA CIREBON

Noviana Andriyanti, (2012) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI Di SMA 9 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NOVIANA ANDRIYANTI_58440143__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Noviana Andriyanti : Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Pair Checks Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 9 Kota Cirebon. Dalam kegiatan belajar mengajar dikelas, guru harus pandai dalam menciptakan suasana belajar yang menyenanngkan. Guru juga harus mampu meningkatkan minat belajar siswa agar hasil belajar siswapun ikut meningkat. Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh guru adalah penggunaan model pembelajaran dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dikelas. Kreatifitas guru dalam penggunaan model pembelajaran bisa menentukan keberhasilan belajar. Melalui Cooperatve Learning dengan model pembelajaran pair checks suasana belajar diharapkan lebih efektif yang pada gilirannya, kerjasama kelompok dalam pembelajaran ini dapat membangkitkan semangat siswa, sehingga siswa memiliki keberanian dalam mengemukakan pendapat dan berbagi informasi dengan teman lainnya dalam membahas materi pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Memperoleh gambaran tentang penerapan model pembelajaran pair checks dalam proses belajar mengajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 9 Kota Cirebon. 2. Memperoleh gambaran tentang hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di kelas X SMA Negeri 9 Kota Cirebon dengan menggunakan model pembelajaran pair checks. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran bahwa penggunaan model pembelajaran mempunyai peranan yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satunya model pembelajaran pair checks , penggunaan model pembelajaran di dalam kegiatan belajar mengajar dikelas dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dan membantu siswa dalam menyerap materi yang disampaikan oleh gurunya. Dengan demikian dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam penyerapan materi dan imbasnya akan meningkatkan hasil belajar siswa yang menjadi tujuannya bisa tercapai. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik obeservasi, wawancara, dan tes. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X6 di SMA Negeri 9 Kota Cirebon yang berjumlah 36 orang. Adapun dalam menganalisa datanya dengan menggunakan kualitatif deskriptip analisis. Adapun hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa SMA Negeri 9 Kota Cirebon terhadap model pembelajan pair checks seluruhnya berhasil (100%) hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang meningkat dari setiap siklusnya perolehan nilai rata-rata siklus I adalah 55,27 atau 54% siswa yang telah mencapai KKM. Pada siklus II skor rata-rata hasil belajar siswa adalah 56,66 atau 60% siswa yang telah mencapai KKM. Pada siklus III skor rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,61 atau 96% siswa yang telah mencapai KKM. Dan siklus IV mengalami peningkatan yaitu 77,8 atau 100% siswa yang telah mencapai KKM. Dengan demikian model pembelajaran Pair Checks dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Feb 2017 04:48
Last Modified: 07 Jun 2017 01:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/759

Actions (login required)

View Item View Item