PARTISIPASI ISTRI-ISTRI NELAYAN DALAM MENGIKUTI PENGAJIAN RUTIN MALAM MINGGU DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN KEAGAMAAN DALAM PENGAMALANNYA (Study Kasus Jama’ah Pengajian Ahadan Gebang Udik Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon)

ROUDLOTUR ROKHMAH, (2010) PARTISIPASI ISTRI-ISTRI NELAYAN DALAM MENGIKUTI PENGAJIAN RUTIN MALAM MINGGU DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN KEAGAMAAN DALAM PENGAMALANNYA (Study Kasus Jama’ah Pengajian Ahadan Gebang Udik Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
KPI-107120009.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ROUDLOTUR ROKHMAH (06210044) : Partisipasi Istri-Istri Nelayan dalam mengikuti pengajian rutin malam minggu dan Pengaruhnya terhadap peningkatan Pengetahuan Keagamaan dalam pengamalannya. Partisipasi adalah keterlibatan seseorang dalam situasi baik secara mental, pikiran atau emosi dan perasaan yang mendorongnya untuk memberikan sumbangan dalam upaya untuk memberikan sumbangan dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditentukan dan ikut bertanggung jawab terhadap kegiatan pencapaian tujuan tersebut.(Syamsuddin Adam, 1993 : 79) Motivasi adalah suatu proses yang menentukan tingkatan kegiatan, intensitas konsistensi serta arah umum dari tingkah laku manusia, merupakan konsep yang rumit dan berkaitan dengan konsep-konsep lain seperti minat, konsep diri, dan sebagainya. Pengajian adalah salah satu kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan oleh masyarakat secara terprogram tidak berjenjang. Di dalam Al-Qur'an diterangkan bahwa belajar agama adalah wajib, sebab agama adalah merupakan pegangan hidup dalam kehidupan mnusia. Belajar agama adalah dari sumbernya, yaitu : Wahyu Allah SWT. yakni Al-Qur'an yang harus dibaca, dihayati, difahami dan diamalkan. Sebab Al-Qur'an-lah yang memberikan petunjuk kepada manusia tentang apa yang diperintahkan untuk dikerjakan, dan apa yang dilarang-Nya. Al-Qur'an memberikan petunjuk kepada manusia tentang yang haq dan yang bathil, yang halal dan yang haram serta muthlaq dan yang tidak muthlaq (mutasyabihat). Maka dapat disimpulkan bahwa adanya Pengajian Rutin itu karena terdorong oleh hatinurani-nya.. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan analisis statistik teknik product moment, uji hipotesis, perhitungan efisiensi determinasi, maka dapat disimpulkan bahwa PARTISIPASI ISTRI-ISTRI NELAYAN DALAM MENGIKUTI PENGAJIAN RUTIN MALAM MINGGU DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN KEAGAMAAN DALAM PENGAMALANNYA. Penelitian di Jamaah pengajian Ahadan desa gebang udik kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon dalam kategori cukup. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran sejauhmana pengaruh partisipasi dan motivasi mengikuti pengajian terhadap peningkatan pengetahuan dalam pengemalannya. Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data yaitu observasi, angket dan wawancara. Wawancara yang penulis lakukan yaitu kepada Ketua Pengajian. Dari hasil analisis data yang penulis lakukan diperoleh hasil dari data yang ada bahwa terdapat pengaruh antara pertisipasi dalam mengikuti pengajian terhadap peningkatan pengetahuan dan pengamalan keagamaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 28 Feb 2017 08:13
Last Modified: 16 Mar 2017 03:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/768

Actions (login required)

View Item View Item