HUBUNGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA MINIATUR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI BIDANG STUDI IPS SEJARAH KELAS X SMAN 1 DUKUPUNTANG

OPA MIFTAH FARID, (2012) HUBUNGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA MINIATUR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI BIDANG STUDI IPS SEJARAH KELAS X SMAN 1 DUKUPUNTANG. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
OPA MIFTAH FARID_07440065__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

OPA MIFTAH FARID: “HUBUNGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA MINIATUR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI BIDANG STUDI IPS SEJARAH KELAS X SMAN 1 DUKUPUNTANG” Sarana dan prasarana sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Karena dengan sarana dan prasarana yang memadai dapat membantu proses pembelajaran sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini tidak terlepas dari penggunaan media pembelajaran yang diterapkan oleh seorang guru. Alat peraga miniatur merupakan salah satu alat yang dipergunakan guru dalam proses belajar mengajar agar siswa lebih memahami suatu pembelajaran untuk mencapai hasil belajar yang baik. Hasil belajar adalah keberhasilan yang telah dicapai oleh siswa untuk menyatakan adanya keberhasilan suatu program. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui: (1) Penggunaan alat peraga miniatur dalam pembelajaran IPS Sejarah dengan pokok bahasan peninggalan bersejarah manusia purba di SMAN 1 Dukupuntang. (2) Seberapa besar hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Dukupuntang setelah diterapkan alat peraga miniatur dalam pembelajaran IPS Sejarah. (3) Seberapa besar hubungan penggunaan alat peraga miniatur dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Sejarah pada pokok bahasan peninggalan bersejarah manusia purba kelas X SMAN 1 Dukupuntang. Dalam penyusunan skripsi ini, yang menjadi dasar pemikiran penulis adalah untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat memahami pelajaran IPS melalui alat peraga miniatur yang digunakan oleh penulis dalam penelitian. Metode yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, angket, studi dokumentasi, dan tes. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan pendekatan statistik dengan perhitungan prosentase, korelasi prduct moment. Berdasarkan pembahasan dan analisis data, penulis dapat menarik beberapa kesimpulan, yaitu: (1) respon siswa terhadap penggunaan alat peraga miniatur memperoleh hasil yang cukup. Hal tersebut terbukti dengan rata – rata prosentase sebesar 57.4 % yang termasuk dalam kategori cukup. (2) Hasil belajar siswa melalui penggunaan alat peraga miniatur menggunakan tes di SMAN 1 Dukupuntang penghitungannya adalah 7 yang termasuk dalam kategori baik. (3) Hubungan Peningkatan Hasil belajar siswa melalui penggunaan alat peraga miniatur terhadap bidang study IPS Sejarah dengan perolehan nilai koefisien rxy korelasi product moment 0.60 yang termasuk dalam kategori baik. Artinya, Respon Siswa Terhadap Penggunaan Alat Peraga Miniatur dan hasil belajar siswa melalui penggunaan alat peraga miniatur kelas X SMA 1 Dukupuntang kabupaten Sumber terbukti secara empirik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Mar 2017 08:26
Last Modified: 07 Jun 2017 01:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/781

Actions (login required)

View Item View Item