STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK NANANG GUNAWAN DALAM MEMENANGKAN PEMILIHAN KEPALA DESA TANJUNGSARI KECAMATAN LEUWIMUNDING KABUPATEN MAJALENGKA TAHUN 2021

WINDA SITI NURHAYATI, (2022) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK NANANG GUNAWAN DALAM MEMENANGKAN PEMILIHAN KEPALA DESA TANJUNGSARI KECAMATAN LEUWIMUNDING KABUPATEN MAJALENGKA TAHUN 2021. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Strategi merupakan suatu arah dan kebijaksanaan untuk pencapaian tujuan organisasi yang melibatkan peran dan tanggung jawab anggota. Dibutuhkan perencanaan yang matang untuk membuat suatu strategi yang tepat dan efektif. Nanang Gunawan merupakan kepala desa terpilih pada pilkades Desa Tanjungsari tahun 2021. Selain strategi mendekati masyarakat terutama tokoh masyarakat, Ia juga melakukan branding dikalangan masyarakat. Demikianstrategi komunikasi politik yang Ia terapkan pada dalam memenangkan pemilihan kepala Desa Tanjungsari tahun 2021. Maka penelitian ini ingin mengetahui (1) Bagaimana perencanaan strategi komunikasi politik Nanang dalam memenangkan pemilihan Kepala Desa Tanjungsari tahun 2021? (2) Bagaimana implementasi strategi komunikasi politik Nanang Gunawan dalam memenangkan pemilihan Kepala Desa Tanjungsari? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perencanaan strategi komunikasi politik Nanang dalam memenangkan pemilihan Kepala Desa Tanjungsari tahun 2021, (2) untuk mengetahui implementasi strategi komunikasi politik Nanang Gunawan dalam memenangkan pemilihan Kepala Desa Tanjungsari? Dalam penelitian ini metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunaan adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpuan data melalui metode wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Dan untuk teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Nanang Gunawan membuat perencanaan strategi komunikasi politik bersama dengan anggota timsesnya. (2) Strategi pendekatan dan branding yang Ia terapkan mendapatkan efek positif dari masyarakat dilihat dari tanggapan masyarakat mengenai sosok Nanang Gunawan dimata masyarakat yang dikenal sebagai orang yang baik dan ramah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Politik, Pilkades
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 10 Aug 2022 01:50
Last Modified: 10 Aug 2022 01:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7842

Actions (login required)

View Item View Item