KOMUNIKASI PERSUASIF DA’I DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH MAD’U ( Studi Kasus Majelis Ta’lim Al-Hikmah Desa.Siluman Kec.Pabuaran Kab.Subang)

KARINA, (2022) KOMUNIKASI PERSUASIF DA’I DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH MAD’U ( Studi Kasus Majelis Ta’lim Al-Hikmah Desa.Siluman Kec.Pabuaran Kab.Subang). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Proses komunikasi yang terjadi didalam majelis ta’lim merupakan faktor penting dalam menciptakan dakwah yang efektif. Tetapi tidak semua Jama’ah memahami apa yang disampaikan oleh da’i karena faktor tertentu baik dari segi pendidikan maupun usia dari jama’ah yang berbeda. Hal ini menuntut Da’i selaku komunikator harus bisa melakukan persuasif kepada komunikannya agar terjadi sebuah interaksi yang baik antara da’I dan mad’u di Majlis Ta’lim dalam memahami setiap pesan dakwah yang telah diberikan dan mengaplikasikan nya kedalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini membahas mengenai komunikasi persuasif yang dilakukan da’I dalam membentuk akhlakul karimah mad’u studi kasus di Majelis Ta’lim Al�hikmah Des.Siluman Kec.pabuaran Kab.subang. dengan memuat beberapa pertanyaan yaitu (1). Bagaimana proses komunikasi persuasif yang dilakukan da’I dalam membentuk akhlakul karimah mad’u (2) Bagaimana efek komunikasi persuasif yang dilakukan da’i terhadap perubahan akhlakul karimah mad’u. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Proses komunikasi persuasif yang dilakukan da’I dalam membentuk akhlakul karimah mad’u serta mengetahui efek komunikasi persuasive yang dilakukan da’I terhadap perubahan akhlakul karimah mad’u. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptip kualitatif lapangan dengan pendekatan studi kasus. Sumber datanya menggunakan primer dan sekunder, teknik pengumpulan data nya melalui wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis data menurut Cresweel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses komunikasi persuasif yang dilakukan da’I dalam membentuk akhlakul karimah mad’u terlaksana dengan baik menggunakan beberapa tahapan, 1). Da’i melakukan pendekatan dan membentuk keakraban dengan cara membuat formasi duduk melingkar bersama jama’ah, 2) menciptakan perhatian,dengan cara membuat jamaah merasa senang dengan da’i, mendoakan yang baik-baik kepada jamaah, dan menjadi tauladan yang baik. 3) menggunakan metode-metode komunikasi persuasif yakni Metode Asosiassi, Metode Integrasi, Metode Pay Off , Metode Icing. 4) memberikan kesempatan Tanya jawab dan diskusi, kemudian efek yang dirasakan mad’u terhadap proses komunikasi persuasif yang dilakukan oleh da’I adalah sesuai dengan teori efek komunikasi persuasif yakni 1. Efek kognitif ,2. Efek Afektif , 3. Efek Behavioral.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: komunikasi persuasif, Da’i, mad’u, membentuk akhlakul karimah
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:13
Last Modified: 10 Aug 2022 02:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7847

Actions (login required)

View Item View Item