Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Perilaku Konsumtif Sebagai Variabel Intervening

Pamela Aisyah Yusuf Fadilah, (2022) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Perilaku Konsumtif Sebagai Variabel Intervening. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pamela Aisyah Yusuf Fadilah. NIM: 1808204074. “PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN PERILAKU KONSUMTIF SEBAGAI VARIABEL INTERVENING”. Skripsi 2022. Belanja sudah menjadi trend di kalangan masyarakat, terutama mahasiswa. Pada masa remaja, mahasiswa akan lebih dekat dengan teman sebayanya daripada orang tuanya, sehingga teman sebaya dapat mempengaruhi keputusan pembelian yang akan dilakukan oleh mahasiswa. Namun mahasiswa masih memperoleh uang saku dari orang tuanya.Oleh sebab itu status sosial ekonomi orang tua juga berpengaruh bagi mahasiswa dalam mengambil keputusan pembelian. Jika mahasiswa tidak bisa mengontrol keuangannya, maka akan mengakibatkan mahasiswa memiliki perilaku konsumtif, yaitu membeli suatu barang bukan karena kebutuhan, melainkan untuk kesenangan sesaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh langsung atau tidak langsung antara lingkungan teman sebaya dan status sosial ekonomi orang tua terhadap keputusan pembelian dengan perilaku konsumtif sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah semester 4 dan 6. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 177 responden melalui penyebaran kuesioner, dan data diolah menggunakan software program SPSS versi 23.0.Pengambilan sampel menggunakan teknik purpose sampling dengan metode slovin.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu meliputi uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji statistik, analisis regresi berganda dan uji analisis path. Hasilpenelitian ini adalah variabel lingkungan teman sebaya dan status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel perilaku konsumtif memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel perilaku konsumtif mampu memediasi variabel lingkungan teman sebaya dan status sosial ekonomi orang tua terhadap keputusan pembelian. Secara simultan lingkungan teman sebaya dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan hasil nilai Fhitung sebesar 13,14> 2,66 (Ftabel) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh perhitungan sebesar 13,1%, artinyalingkungan teman sebaya dan status sosial ekonomi berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 13,1% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel peneltian.Saran dari peneliti diharapkan agar mahasiswa dapat mengontol pengeluaran uang saku yang diberikan oleh orang tua dan menghindari perilaku konsumtif. Kata Kunci :lingkungan teman sebaya, status sosial ekonomi orang tua, keputusan pembelian, perilaku konsumtif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 12 Aug 2022 04:03
Last Modified: 12 Aug 2022 04:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7884

Actions (login required)

View Item View Item