Sistem Pelayanan Hotel Berbasis Syariah (Studi Kasus Di Hotel Santun Sumber Kabupaten Cirebon)

Bambang Burhanudin, (2022) Sistem Pelayanan Hotel Berbasis Syariah (Studi Kasus Di Hotel Santun Sumber Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah/Muamalah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://web.syekhnurjati.ac.id

Abstract

BAMBANG BURHANUDIN. NIM. 1415202014 : Sistem Pelayanan Hotel Berbasis Syariah (Studi Kasus Di Hotel Santun Sumber Kabupaten Cirebon). Seiring dengan semakin berkembangnya ekonomi syariah di Indonesia, saat ini banyak lembaga yang menerapkan prinsip syariah dalam menjalankan usahanya seperti perbankan syariah, asuransi syariah, reksadana syariah, pasar modal syariah hingga sektor bisnis di bidang perhotelan menerapkan prinsip syariah. Bisnis syariah adalah bisnis yang dijalankan berlandaskan syariah menganut keyakinan dan bersikap yang simpatik kepada semua relasi, bahkan terhadap pesaing, berlaku lemah lembut, sopan, jika perlu bermitra dengan lawan. Untuk mencapai usaha yang demikian yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, maka harus diperhatikan sumber daya manusia nya agar pelayanannya sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Tentunya untuk menjawab tantangan tersebut harus disiapkan tenaga kerja yang andal dalam berbagai bidang masing-masing. Penelitian ini dilakukan dengan memfokuskan pada pelaksanaan pelayanan hotel syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem pelayanan hotel Santun Syariah dalam penerapan prinsip-prinsip syariah Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan melakukan wawancara mendalam dengan pegawai dan pengunjung hotel Santun Syariah, serta mengumpulan dokumentasi berupa gambar-gambar dan catatan kecil. Dimana yang menjadi instrumen penelitian yaitu peneliti itu sendiri, dan teknik analisis data bersifat induktif. Dari hasil penelitian, hotel Santun Syariah menerapkan Profesionalisme kerja dalam pandangan Manajemen Syariah, Profesionalisme tersebut meliputi: kafaah (keahlian), himmatulamal (etos kerja yang tinggi), amanah (terpercaya). Adapun pelayanan yang diberikan hotel Santun Syariah adalah dengan menerapkan konsep pelayanan dalam Islam seperti: Prinsip persamaan (musawah), Prinsip saling mencintai (Muhabbah) dan Prinsip lemah lembut (Al- Layin). Dengan tidak menyediakan fasilitas hiburan yang bisa menimbulkan kemaksiatan dan sudah mempunyai sertifikat halal dari MUI, maka hotel Santun Syariah dalam melayani tamu menerapkan prinsip-prinsip syariah. Kata kunci: Sistem Pelayanan, Pengelolaan, Prinsip-prinsip Syariah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:56
Last Modified: 15 Aug 2022 01:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7899

Actions (login required)

View Item View Item