PENGARUH PEMAHAMAN MATERI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) WIDYA UTAMA KOTA CIREBON

ZAIED NURHIDAYAT, (2013) PENGARUH PEMAHAMAN MATERI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) WIDYA UTAMA KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ZAIED NURHIDAYAT_06410310_ok-min.pdf

Download (798kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

ZAIED NURHIDAYAT (06410310) : Pengaruh Pemahaman Materi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Terhadap Prestasi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Widya Utama Kota Cirebon Pendidikan merupakan suatu kegiatan dan kebutuhan semua umat manusia karena dengan pendidikan manusia dapat merubah hidupnya ke arah yang lebih baik. Dalam dunia pendidikan terdapat di dalamnya sistem pembinaan oleh guru agama Islam karena dapat dijadikan contoh para siswa maupun para guru di lingkungan sekolah. Guru agama merupakan salah satu sosok manusia yang andil dalam merubah tingkah laku siswa dalam hubungan antar sesama. Oleh karena itu guru agama memiliki arti dan peranan yang sangat penting dalam membina dan mengarahkan siswa-siswanya dalam bertingkah laku yang sesuai dengan ajaran-ajaran agama Islam sekaligus sebagai bentuk pengamalan nilai pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pemahaman siswa SMP Widya Utama Kota Cirebon tentang materi Pendidikan Agama Islam, untuk memperoleh data tentang Prestasi siswa SMP Widya Utama Kota Cirebon serta untuk memperoleh data tentang pengaruh pemahaman materi Pendidikan Agama Islam terhadap Akhlak siswa di SMP Widya Utama Kota Cirebon. Landasan pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu bahwa pemahaman siswa terhadap materi pendidikan agama Islam yang baik maka akan berpengaruh terhadap akhlak siswa dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya. Dalam hal ini guru agama Islam akan digugu dan ditiru apa yang dicontohkan kepada para siswanya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan perhitungan prosentase dan untuk menentukannya menggunakan korelasi product moment. Dari hasil analisis data, bahwa materi yang disampaikan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Widya Utama Kota Cirebon dikategorikan cukup. Hal ini terbukti lebih dari setengahnya (55%) siswa SMP Widya Utama Kota Cirebon yang memberikan jawaban dapat memahami. Pengamalan akhlak siswa yang dilakukan disekolah, rumah dan masyarakat dikategorikan baik. Hal ini terbukti dengan sebagian besar (65%) siswa SMP Widya Utama Kota Cirebon yang memberikan jawaban selalu. Sedangkan pengaruh pemahaman materi Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa terdapat korelasi. Hal ini dilihat dari angka korelasi yang diperoleh sebesar 0,44 yang menurut kategori berarti terdapat korelasi yang cukup. Dengan demikian pemahaman materi yang disampaikan oleh guru Pendidikan Agama Islam memiliki nilai pengaruh yang cukup terhadap akhlak siswa yang ada di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Widya Utama Kota Cirebon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 03:11
Last Modified: 12 Jun 2017 03:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/790

Actions (login required)

View Item View Item