PENCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DI SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI KARAMATWANGI KECAMATAN GARAWANGI KABUPATEN KUNINGAN

YAYAT HIDAYAT, (2013) PENCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DI SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI KARAMATWANGI KECAMATAN GARAWANGI KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
YAYAT HIDAYAT_14101120058_cover tidak berlogo.pdf

Download (481kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

YAYAT HIDAYAT, NIM.14101120058 Pencapaian Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Faktor faktor Yang Mempengaruhinya Di Sekolah Dasar Negeri Karamatwangi Kecamatan Garawangi Kabupaten Kuningan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seorang guru PAI di SDN Karamatwangi Kec. Garawangi Kab. Kuningan berpandangan mata pelajaran PAI bertujuan untuk mencerminkan/sesuai dengan ajaran agama Islam. Dengan melihat indikasi tersebut, maka guru PAI selalu berusaha meningkatkan peranannya dengan memusatkan perhatian dan konsentrasi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang akan atau sedang berlangsung, selalu mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran. Hal ini dimaksudkan agar tujuan pembelajaran terhadap kegiatan belajar pada mata pelajaran PAI dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan Untuk memperoleh data tentang pencapaian tujuan pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi mata pelajaran dalam pelaksanaan kurikulum PAI di SDN Karamatwangi Kec. Garawangi Kab. Kuningan. Bertolak belakang dari pemikiran bahwa Proses pembelajaran di sekolah, untuk dapat melaksanakan tujuan dan cita-cita pendidikan, maka diperlukan peranan guru PAI dalam melaksanakan proses pembelajaran dalam mengembangkan kurikulum sesuai dengan apa yang diharapkan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, penyebaran angket, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan dengan cara menganalisis data kuantitatif dengan cara di olah secara statistik dengan rumus prosentase dan Product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1).Pencapaian tujuan pembelajaran pada mata pelajaran PAI di SDN Karamatwangi Kec. Garawangi Kab. Kuningan masih kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata sebesar 54, 67 %. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pencapaian tujuan pembelajaran pada mata pelajaran PAI di SDN Karamatwangi. Kec. Garawangi Kab. Kuningan masih belum berhasil sepenuhnya. 2) Faktorfaktor yang mempengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran pada mata pelajaran PAI di SDN Karamatwangi Kec. Garawangi Kab. Kuningan terlihat pada sikap dan prilaku anak atau siswa dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan Sekolah maupun di lingkungan tempat mereka tinggal. Dalam hal ini dapat dikatakan sudah cukup baik, terbukti dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 58, 34%. 3) Pencapaian tujuan pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi mata pelajaran dalam pelaksanaan kurikulum PAI di SDN Karamatwangi Kec. Garawangi Kab. Kuningan yaitu sebesar 0,317 dan apabila ditransfer kedalam skala konservatif maka 0,30 berada pada interval 0,20-0,40 yang berarti adanya korelasi positif yang lemah atau rendah antara variabel X dan variabel Y. Sehingga dapat dikatakan tidak adanya korelasi positif yang signifikan antara pencapaian tujuan pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi mata pelajaran dalam pelaksanaan kurikulum PAI di SDN Karamatwangi Kec. Garawangi Kab. Kuningan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 03:21
Last Modified: 12 Jun 2017 03:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/791

Actions (login required)

View Item View Item