PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN KEAGAMAAN TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS XII SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 LURAGUNG KABUPATEN KUNINGAN

Wahyu Somantri, (2013) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN KEAGAMAAN TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS XII SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 LURAGUNG KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
WAHYU SOMANTRI_58410383_ok-min.pdf

Download (622kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Wahyu Somantri 58410383: “Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Keagamaan terhadap Minat Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Luragung Kabupaten Kuningan”. Tingkat minat siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Luragung masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari 1) Apabila guru sedang menjelaskan materi, masih banyak siswa yang berbicara sendiri, atau main-main dengan teman sebangkunya. 2) Apabila guru bertanya kepada siswa tentang materi yang baru saja diajarkan, kebanyakan siswa diam saja dan tidak merespon pertanyaan dari guru. 3) Sebagian besar siswa tidak berani bertanya kepada guru jika mereka belum memahami materi yang diajarkan. 4) Masih ada sebagian besar siswa tidak belajar sendiri ketika guru pendidikan agama Islam tidak hadir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa kelas XII dalam mengikuti kegiatan keagamaan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Luragung, tingkat minat belajar siswa kelas XII terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Luragung dan seberapa besar pengaruh keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa salah satu faktor untuk mencapai sukses dalam segala bidang; baik dalam pendidikan, kerja, hobi atau aktivitas apapun adalah minat. Hal ini jika dikaitkan dengan aktivitas belajar, minat merupakan alat motivasi atau alasan bagi siswa untuk melakukan aktivitas belajar guna mencapai prestasi. Salah satu upaya lembaga pendidikan dalam mencapai target adalah sekolah melakukan berbagai upaya memberikan materi keagamaan secara maksimal melalui aktivitas kegiatan keagamaan di sekolah guna meningkatkan minat siswa. Salah satunya adalah meningkatkan minat dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket kepada 44 responden. Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa, tingkat keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan keagaman sebesar 74,94% termasuk pada kategori cukup. Tingkat minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam sebesar 72,89% termasuk pada kategori cukup. Terdapat hubungan yang kuat antara keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang ditunjukkan dengan angka koefisien korelasi sebesar 0,61% dan diperoleh nilai determinasi sebesar 37,21% dipengaruhi oleh kegiatan keagamaan dan 62,79 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 03:24
Last Modified: 12 Jun 2017 03:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/792

Actions (login required)

View Item View Item