PENGARUH PENERAPAN METODE DRILL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AN-NUR KELURAHAN JAGASATRU KECAMATAN PEKALIPAN KOTA CIREBON

Umar Mokhtar, (2013) PENGARUH PENERAPAN METODE DRILL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AN-NUR KELURAHAN JAGASATRU KECAMATAN PEKALIPAN KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
UMAR MOKHTAR_07410037_tidak ada abstrak-min.pdf

Download (951kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Umar Mokhtar, (07410037) : “Pengaruh Penerapan Metode Drill Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah (MI) An-Nur Kelurahan Jagasatru Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon” Guru dituntut untuk menggunakan metode yang tepat dan sesuai dengan kondisi siswa agar menarik, tidak menimbulkan kebosanan, dan mudah dipahami. Kegiatan pembelajaran fiqih tidak hanya memberikan ilmu agama tetapi juga perlu diamalkan, dan dilatih secara terus menerus dalam kehidupan sehari-hari. Fikih adalah suatu pondasi yang tidak bisa ditinggalkan dalam kaitan ibadah dan kehidupan. Karena itu guru harus terampil dalam menerapkan beberapa metode diantaranya dengan menggunakan metode drill atau (latihan) agar pembelajaran tidak membosankan dan menimbulkan hasil belajar yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan penerapan metode drill/latihan pada mata pelajaran fikih, 2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih; 3) untuk menjelaskan apakah ada pengaruh antara penerapan metode drill/latihan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Ibtidaiyah (MI) An-Nur Kelurahan Jagasatru Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon”. Cara mengajar dengan memberikan latihan-latihan terhadap apa yang telah dipelajari siswa sehingga memperoleh suatu keterampilan tertentu. Kata latihan mengandung arti bahwa sesuatu itu selalu diulang-ulang, akan tetapi bagaimanapun juga antara situasi belajar yang pertama dengan situasi belajar yang realistis, ia akan berusaha melatih keterampilannya. Bila situasi belajar itu diubahubah kondisinya sehingga menuntut respons yang berubah, maka keterampilan akan lebih disempurnakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) Angket, 2) Wawancara, 3) Observasi, dan 4) Dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisa data yang diperoleh peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan gambaran, statistik deskriptif, dan rumus product moment. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill/latihan pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah (MI) An-Nur Kelurahan Jagasatru Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon diperoleh nilai 57% (cukup), prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Ibtidaiyah (MI) An- Nur Kelurahan Jagasatru Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon diperoleh nilai 78% (Cukup Baik), pengaruh korelasi sebesar 0,90 (Tinggi). Apabila di hitung hasil thitung dengan ttabel yaitu didapat thitung ≥ ttabel atau 10,52 ≥ 1,705, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh dalam penerapan metode drill/latihan pada mata pelajaran fikih di Madrasah Ibtidaiyah (MI) An-Nur Kelurahan Jagasatru Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 03:28
Last Modified: 12 Jun 2017 03:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/793

Actions (login required)

View Item View Item