MOTIVASI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA DAN HASILNYA DALAM MENGURANGI KENAKALAN SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI BANGODUA KECAMATAN TUKDANA KABUPATEN INDRAMAYU

SOBARI, (2013) MOTIVASI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA DAN HASILNYA DALAM MENGURANGI KENAKALAN SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI BANGODUA KECAMATAN TUKDANA KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SOBARI_58410427_ok-min.pdf

Download (575kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

SOBARI, : MOTIVASI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA DAN HASILNYA DALAM MENGURANGI KENAKALAN SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI BANGODUA KECAMATAN TUKDANA KABUPATEN INDRAMAYU Kenakalan Remaja di MTs ialah salah satu problem sosial sangat mengganggu keharmonisan didalam sekolah atupun diluar sekolah, juga mengganggu keutuhan segala nilai dan kebutuhan dasar kehidupan sosial. Motivasi guru mata pelajaran akidah akhlak dalam mengurangi kenakalan siswa kelas VIII (delapan) sangat penting, selain sebagai beban moral juga sebagai tugas selayaknya guru dan manusia yang selalu mengingatkan untuk berbuat kebaikan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang motivasi guru akidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan remaja dan hasilnya dalam mengurangi kenakalan siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Bangodua Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu. Bentuk-bentuk kenakalan remaja siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Bangodua Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu dan pengaruh motivasi guru mata pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini bertolak dari pemikiran dasar bahwa motivasi guru akidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan remaja dan hasilnya dalam mengurangi kenakalan remaja siswa kelas VIII (delapan) Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Bangodua Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu akan memberikan pengaruh mendasar terhadap perubahan perilaku siswa, sehingga dengan demikian peran guru mata pelajaran akidah akhlak yang efektif akan memberik an pengaruh yang besar untuk membangkitkan perubahan perilaku siswa dalam meningkatkan keaktifan belajar dan perubahan perilaku yang baik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, penyebaran angket, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknis analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu menganalisis data kualitatif dengan pendekatan logika, dan data kuantitatif dengan cara diolah secara statistik dengan rumus prosentase dan korelasi produk moment. Kesimpulan hasil penelitian bahwa : 1. Motivasi guru mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Bangodua baik dibuktikan dengan rata-rata prosentase 63,56%. 2. Kenakalan remaja siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Bangodua Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu sudah baik dikurangi, hal ini dibuktikan dengan rata- rata prosentase 68,65%. 3. Penerapan peran guru mata pelajaran akidah akhlak sebagai motivator dalam menanggulangi kenakalan remaja dan hasilhasilnya dalam mengurangi kenakalan remaja siswa kelas VIII (delapan) Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Bangodua Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu kategori baik atau pengaruhnya kuat dengan rhitung sebesar 0,78% hasil tersebut menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara penerapan motivasi guru akidah akhlak terhadap kenakalan remaja siswa kelas VIII. Ini dibuktikan dengan rhitung lebih besar dari rtabel dengan tingkat kepercayaan 85% dan 89%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 03:35
Last Modified: 12 Jun 2017 03:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/795

Actions (login required)

View Item View Item