PENGARUH PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP KREATIVITAS KEAGAMAAN SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AGAMA ISLAM MERTAPADA KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON

SITI MASITOH, (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP KREATIVITAS KEAGAMAAN SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AGAMA ISLAM MERTAPADA KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SITI MASITOH_58410366_ok-min.pdf

Download (759kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

SITI MASITOH (58410366)"Pengaruh Pembelajaraan Akidah Akhlak Terhadap Kreativitas Keagamaan Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Agama Islam Mertapada Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon” Pendidikan bidang studi Akidah Akhlak pada dasarnya membentuk pengembangan kreativitas keagamaan siswa dan membentuk prilaku siswa yang baik dan terpuji. Yaitu untuk mewujudkan manusia yang memiliki kreativitas dalam bidang keagamaan. Tapi pada kenyataan yang ada dilapangan peserta didik masih belum memiliki kreativitas keagamaan yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang proses pembelajaran Akidah Akhlak, kerativitas keagamaan siswa setelah mengikuti pembelajaran Akidah Akhlak dan pengaruh pembelajaran Akidah Akhlak terhadap kreativitas keagamaan siswa setelah mengikuti pemebelajaraan Akidah Akhlak. Penelitian ini dilandasi oleh pemikiran bahwa manusia sebagai makhluk sosial, harus mempunyai ide, bakat, dan kreativitas, terutama tentang keagamaan sehingga manusia itu mampu mengembangkan minat dan bakatnya yang mampu memberikan suatu manfaat bagi masyarakat dan dirinya. Pengumpulan dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, penebaran angket, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu menganalisis data kualitatif dengan pendekatan logika, dan data kuantitatif dengan cara diolah secara statistic dengan rumus prosentase dan product moment. Kesimpulan penelitian, bahwa berdasarkan hasil perhitungan, maka dapat disimpulkan bahwa Proses Pembelajaraan Akidah Akhlak kelas VII di MTs Agama Islam Mertapada Kec. Astanajapura Kab. Cirebon dalam hal kategori baik dengan sekor terbesar 78,27% karena berada pada rentangan prosentase keberpengaruhan 76% - 100%. Kreativitas keagamaan siswa kelas VII di MTs Agama Islam Mertapada Kec. Astanajapura Kab. Cirebon dengan indikasi dinilain dalam kategori baik 88,78%. Dengan kata lain kreativitas keagamaan siswa kelas VIII banyak dipengaruhi kebiasaan dan adat istiadat masyarakat sekitar. Pengaruh Pembelajaraan Akidah Akhlak Terhadap Kreativitas Keagamaan Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Agama Islam Mertapada Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon termasuk dalam kategori sedang. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan koefisien dengan nilai 0,64 yang berada pada rentangan 0,40 – 0,70.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 03:37
Last Modified: 12 Jun 2017 03:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/796

Actions (login required)

View Item View Item