PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM NURUL-MUHTADIN ( MTs YAPIN ) KERTASEMAYA

SITI MAEMUNAH, (2013) PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM NURUL-MUHTADIN ( MTs YAPIN ) KERTASEMAYA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SITI MAEMUNAH_07410150_ok-min.pdf

Download (831kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

SITI MAEMUNAH “Penerapan Metode Sosiodrama Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudyaan Islam (SKI ) di Madrasah Tsanawiyah (MTs)YAPIN Kertasemaya’’ Guru dalam menyampaikan materinya lebih mendominankan dengan metode-metode tertentu saja, sehingga siswa terlihat lebih banyak diam dan mendengarkan gurunya menerangkan dan menunggu tugas-tugas yang diberikan kepadanya. Hal ini merupakan salah satu penyebab kurang berkembang potensi minat yang ada pada siswa dan akhirnya berpengaruh juga pada hasil belajar mereka. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan metode pembelajaran yang menuntut siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran yaitu dengan menerapkan metode sosiodrama sehingga siswa tidak hanya terbatas pada aspek teoritis saja, akan tetapi dapat diterapkan dalam sikap dilingkunganya. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk Mengetahui Penerapan Metode Sosiodrama yang dilakukan guru Sejarah Kebudayaan Islam diMTs YAPIN Kertasemaya. Untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam diMTs YAPIN Kertasemaya. Untuk Mengetahui pengaruhnya penerapan Metode Sosiodrama terhadap hasil belajar siswa di MTs YAPIN Kertasemaya. Metode sosiodrama yang merupakan penerapannya melalui peragaan atau di modelkan seorang siswa yang sesuai dengan alur dan watak yang sama dengan isi materi yang diajarkan. Bila diterapkan pada mata pelajaran SKI, sekirannya sangat cocok digunakan dalam materi keteladanan. Maka akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini karena penyesuaian antara metode pembelajaran yang menekankan peragaan lakon dengan materi yang ada dalam mata pelajaran SKI. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik-teknik sebagai berikut: wawancara, observasi, tes dan angket, kemudian di analisis dengan menggunakan statistika yaitu dengan menggunakan rumus Korelasi product moment. Dan mengambil sampel yang terdiri dari kelas VIII sebanyak 51 siswa. Hasil penelitian ini adalah Penerapan Metode Sosiodrama tergolong dalam kriteria baik, dengan kualitas nilai rata-rata 43,63 % maka dengan kategori Kurang Baik, hasil Tes Evaluasi belajar siswa diMTs YAPIN Kertasemaya dengan nilai Rata-rata mencapai (74.32) dengan kategori cukup terletak pada rentang 56%-75%. Berdasarkan perhitungan pengaruh antara penerapan metode sosiodrama terhadap Hasil belajar siswa pada bidang studi SKI di MTs YAPIN Kertasemaya memiliki nilai korelasi yang cukup hal ini berdasarkan pada perolehan nilai yang mencapai nilai sebesar 0.478 nilai pada jarak (0.40 - 0.60) pada interpretasi korelasi sedang atau cukup. Kemudian berdasarkan perhitungan, diketahui nilai sebesar 0.478, dan nilai sebesar 0.273 dari perhitungan α = 0.05 dan dk = 51. Jika dibandingkan terlihat > . Dengan demikian yang menyatakan “ ada pengaruh antara Penerapan metode sosiodrama dengan Hasil belajar siswa “ di terima.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 03:40
Last Modified: 12 Jun 2017 03:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/797

Actions (login required)

View Item View Item