TREN KONTEN DAKWAH DIGITAL OLEH CONTENT CREATOR MILENIAL MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DI ERA PANDEMI COVID-19

Dessy, Kushardiyanti and Zaenal, Mutaqin and Aulia Sholichah Iman Nurchotimah, (2021) TREN KONTEN DAKWAH DIGITAL OLEH CONTENT CREATOR MILENIAL MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DI ERA PANDEMI COVID-19. Orasi : Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 12 (1). pp. 97-113. ISSN 2541-7142

[img] Text
09 ARTIKEL DESSY_ORASI_TREND KONTE DAKWAH DIGITAL.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/or...

Abstract

New media merupakan media komunikasi digital akibat perkembangan internet yang melibatkan banyak audiens, lebih interaktif, akses informasi lebih cepat dan lebih mudah bagi penggunanya. TikTok merupakan salah satu sosial media daring dan juga bentuk konkrit dari new media. Perkembangan new media tidak dapat dipungkiri juga menuntut para pendakwah dalam menguasai teknis dalam penyampaian ilmu keagamaan. Penelitian ini menyusuri dan menganalisis konten (content Analysis) pada sosial media TikTok untuk melihat rangkaian strategi konten dari beberapa content creator dakwah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis konten di masing-masing content creator dakwah terlibat. Hasil penelitian menyebutkan peran sosial media ditinjau dari analisis isi memberikan dampak terhadap engagement berupa like, view, dan keterlibatan pengguna TikTok dalam konten dakwah. Konten yang dibuat dari masing-masing content creator ditinjau dari materi dakwah, teknik penyampaian, rata-rata unggahan tiap bulan dan penggunaan hashtag populer dari beberapa content creator menunjukan secara teknis dalam pembuatannya masing-masing memiliki ciri khasnya tersendiri sehingga dapat diingat oleh pengikutnya. Penelitian ini dapat menjadi pertimbangan dan rujukan teknis bagi para milenial hingga para da’i untuk ikut terlibat dalam penyampaian dakwah melalui media sosial yang kini banyak dijadikan tren selama pandemi Covid-19.

[error in script]
Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis Konten, Dakwah, TikTok, Engagement, Content Creator
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 01 Sep 2022 13:29
Last Modified: 02 Sep 2022 02:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7977

Actions (login required)

View Item View Item