PENGARUH PEMBELAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM TERHADAP PERILAKU SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL IMAN DESA CIAWIGEBANG KECAMATAN CIAWIGEBANG KABUPATEN KUNINGAN

SHOFYAN AHMAD H, (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM TERHADAP PERILAKU SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL IMAN DESA CIAWIGEBANG KECAMATAN CIAWIGEBANG KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SHOFYAN AHMAD HIDAYATURRAHMAN_07410151_ok-min.pdf

Download (691kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

SHOFYAN AHMAD H : Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim Terhadap Perilaku Santri Di Pondok Pesantren Nurul Iman Desa Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan Kitab Ta’limul Muta’allim merupakan kitab akhlak yang berisi tentang etika dan cara- cara belajar yang baik dan diridhai Allah SWT. Dalam hal ini pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran spiritual berupa ihsan yaitu seolah- olah melihat allah pada makhluknya sehingga rasa hormat pada makhluk hidup(terutama pada guru) ataupun benda mati (seperti kitab dan buku pelajaran) adalah karena Allah. Adapun kedisiplinan merupakan manifestasi dari kesungguhan jiwa yang senantiasa berusaha untuk menggapai cita- cita sehingga waktu atau umur seseorang tidak berkurang dengan sia- sia. Begitu pula dalam belajar di pondok pesantren yang membutuhkan semangat yang tinggi dari diri sendiri dengan berusaha sungguh- sungguh untuk senantiasa menghafal, memahami, menjaga dan mengamalkan ilmu yang di dapat sehingga bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim, perilaku santri dalam mengamalkan kitab Ta’limul Muta’allim dan besarnya pengaruh pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim terhadap perilaku santri dalam mengamalkan kitab tersebut. Penelitian ini bertolak dari pemikiran dasar bahwa kitab Ta’limul Muta’allim akan memberikan pengaruh mendasar terhadap perilaku santri, sehingga dengan demikian Ta’limul Muta’allim akan memberikan pengaruh cukup signifikan untuk membangkitkan kesadaran spiritual dan kedisiplinan santri. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, penyebaran angket, studi dokumentasi, studi kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu menganalisis data kualitatif dengan pendekatan logika, dan data kuantitatif dengan cara diolah secara statistik dengan rumus prosentase dan product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim di Pondok Pesantren Nurul Iman Desa Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan tergolong kurang, hal ini dibuktikan dengan ratarata prosentase 46,33%. Perilaku santri di Pondok Pesantren Nurul Iman Desa Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan masih kurang sekali, hal ini dibuktikan dengan rata-rata prosentase 32,86 %. Pengaruh pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim terhadap perilaku santri di Pondok Pesantren Nurul Iman Desa Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan tergolong kurang dengan nilai 0,28 pada standar penelitian product momen berada pada interval 0,200 – 0,400. Dengan demikian besarnya pengaruh faktor pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim terhadap perilaku pengamalan santri adalah 0,28 yang berarti kurang. Hal ini dikarenakan santri yang sekolah elain banyak kegiatan, juga merupakan remaja dengan karakteristik psikologi yang masih labil. Sehingga pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim belum bisa menggapai hati santri untuk membentuk kepribadiannya yang paripurna, disamping itu tetaplah faktor yang paling menentukan adalah hidayah Allah selain faktor- faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 03:46
Last Modified: 12 Jun 2017 02:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/799

Actions (login required)

View Item View Item