PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DI KELAS VIII SMP PLUS YAKPI SUSUKAN KABUPATEN CIREBON

SAYYIDI ROHMAN, (2013) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DI KELAS VIII SMP PLUS YAKPI SUSUKAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SAYYIDI ROHMAN_07419191_ok-min.pdf

Download (659kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

SAYYIDI ROHMAN : “Penerapan Media Pembelajaran dan Hubungannya dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) di Kelas VIII SMP Plus Yakpi Susukan Kabupaten Cirebon”. Sekolah merupakan tempat penyelenggaraan pendidikan yang melaksanakan berbagai kegiatan, diantaranya adalah proses belajar mengajar. Dalam proses belajar mengajar didalam kelas banyak ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu penggunaan media atau suber belajar. Apabila media yang digunakan efektif, maka akan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Jadi, masalahnya adalah masi diragukannya keefektifan media yang digunakan dalam pembelajaran di SMP Plus Yakpi Susukan Kabupaten Cirebon. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh data penggunaan media pembelajaran PAI, untuk memperoleh data tentang prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, serta untuk memperoleh data tentang hubungan antara penggunaan media pembelajaran PAI dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa penggunaan media pembelajaran secara maksimal dan efektif akan memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar siswa, karena keberadaan media cukup penting, baik bagi guru sebagai pendidik maupun bagi siswa sebagai peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik obsefasi, angket, wawancara, dan studi dokumentasi, dari teknik-teknik ini diperoleh data empirik kemudian data teoritik di peroleh dari sejumlah buku dan literatur lainnya yang ada hubungannya dengan judul sekripsi untuk dijadikan suber rujukan. Berdasarkan pada hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran PAI di SMP Plus Yakpi Susukan Kabupaten Cirebon tergolong kategori cukup ( 64,6 % ). Hal ini dibuktikan dari cukup oktimalnya penggunaan perpustakaan, OHP, VCD, Tape Recorder, Laboratorium Audio Visual ( AVI/ Multimedia ), TV, dan lain-lain. Prestasi belajara siswa pada mata pelajaran PAI tergolong kategori baik, terbukti dari hasil ujian smester kedua mencapai nilai 74,1 kategori baik. Terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran dan prestasi belajar PAI di kelas VIII di SMP Plus Yakpi Susukan Kabupaten Cirebon, hal ini dapat dibuktikan melalui perhitungan korelasi mencapai nilai 0,614 berada pada interval 0,40 – 0,70 dengan indikator korelasi sedang. Dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara Variabel x dan y.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 03:48
Last Modified: 12 Jun 2017 02:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/800

Actions (login required)

View Item View Item