PENGARUH PEMBINAAN AKHLAK OLEH PENGURUS DEWAN KEMAKMURAN MASJID (DKM) NURUL IMAN TERHADAP KUALITAS BERAGAMA REMAJA USIA 13-21 TAHUN DI DESA WINDUJAYA KECAMATAN SEDONG KABUPATEN CIREBON

SARYA, (2013) PENGARUH PEMBINAAN AKHLAK OLEH PENGURUS DEWAN KEMAKMURAN MASJID (DKM) NURUL IMAN TERHADAP KUALITAS BERAGAMA REMAJA USIA 13-21 TAHUN DI DESA WINDUJAYA KECAMATAN SEDONG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SARYA_07410031.pdf

Download (890kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

SARYA :”Pengaruh Pembinaan Akhlak oleh Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul Iman terhadap Peningkatan Kualitas Beragama Remaja Usia 13-21 tahun di Desa Windujaya Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon”. Pembinaan akhlak meruapakan salah satu cara untuk membentuk mental menusia agar memiliki pribadi yang bermoral berbudi pekerti luhur dan bersusila. Berarti pula cara tersebut sebagai salah satu cara untuk membina mental remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang aktvitas Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul Iman dalam membina ahklak beragama remaja usia 13-21 tahun di desa Windujaya kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon.Untuk mengetahui perilaku beragama remaja usia 13-21 tahun di Desa Windujaya kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon.Untuk mengetahui pengaruh pembinaan ahklak beragama oleh Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul Iman terhadap perilaku beragama Remaja usia 13-21 tahun di Desa Windujaya kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon. Generasi muda sekarang adalah generasi yang mengalami situasi yang paling krisis, ini karena mereka menemukan zaman yang paling tidak stabil dengan masyarakatdisekelilingnya mengalami prubahan dengan cepatnya. Untuk menentukan maju mundurnya sikap remaja terhadap Agama terletak bagaimana cara pembinaan itu sendiri, salah satunya pembinaan oleh DKM. Remaja tidak bisa hidup sendiri melainkan harus saling membantu berhasilnya dalam peningkatan keagamaan. Kehidupan beragama dikalangan remaja tersebut diperlukan pendidikan dan sikap beragama remaja. Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah dengan menelaah buku-buku ilmiah serta mengadakan studi langsung kelapangan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembinaan akhlak oleh DKM Nurul Iman tergolong dalam kategori baik yaitu sebesar 85,55%, karena berada pada interval 75%-100%. Kualitas beragama remaja usia 13-21 tahun di Desa Windujaya tergolong dalam kategori baik yaitu sebesar 81,76%, karena berada pada interval 75%-100%. Pengaruh pembinaan akhlak oleh pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul Iman terhadap kualitas beragama remaja usia 13-21 tahun di Desa Windujaya termasuk kedalam kategori sedang karena indeks korelasi product moment rxy = 0,42 yang terletak pada interval koefisien 0,40-0,70. Adapun hasil perhitungan Koefisien Determinasi (KD) dapat diketahui bahwa pengaruh pembinaan akhlak oleh DKM Nurul Iman adalah 17,64% sedangkan sisanya sebesar 82,36%adalah ditentukan oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 03:56
Last Modified: 12 Jun 2017 02:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/801

Actions (login required)

View Item View Item