Dampak Model Project based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Sekolah Dasar

Dadan Setiawan, (2022) Dampak Model Project based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Sekolah Dasar. Dampak Model Project based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Sekolah Dasar, 7 (2). pp. 129-136. ISSN 2541-6855

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak model project based learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 5 sekolah dasar yang berada di Kecamatan Jamblang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 50 orang siswa yang terbagi dalam kelompok ekserimen dan kelompok kontrol. Instrumen pengumpul data penelitian ini menggunakan tes untuk mengukur kemampuan menulis teks eksplanasi siswa sekolah dasar. Data penelitian ini dianalisis menggunakan uji normalitas, kemudian dilanjutkan dengan uji mann-whitney karena data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model project based learning terhadap kemampuan menulis siswa. Hal ini terlihat dari nilai signifikansinya sebesar 0,006<0,005. Dengan demikian model project based learning berdampak positif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa sekolah dasar.

[error in script]
Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Project based Learning, Kemampuan Menulis, Teks Eksplanasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 02 Sep 2022 10:55
Last Modified: 14 Oct 2022 06:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8013

Actions (login required)

View Item View Item