KEGIATAN EKSTRA KURIKULER BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADIST DI MADRASAH TSANAWIAH (MTs) SYARIF HIDAYATULLAH KOTA CIREBON

OKI HABIBI ADNAN, KEGIATAN EKSTRA KURIKULER BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADIST DI MADRASAH TSANAWIAH (MTs) SYARIF HIDAYATULLAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
oki habibi adnan_07410065.pdf

Download (905kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

OKI HABIBI ADNAN :“kegiatan Ekstra Kurikuler Baca Tulia al-Quran (BTQ) dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar siswa pada Bidang Studi al-Qur’an Hadist di Madrasah Tsanawiah MTs Syrif Hidayatullah Kota cirebon ”. Pendidikan adalah suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan sepiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian kecerdasan, ahlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Untuk mencapai tujuan atau hasil yang maksimal dalam proses belajar mengajar, maka guru harus memiliki kemampuan dasar teknis edukatif dan administrasi yang meliputi penguasaan bahan, mengelola kelas, mampu mengelola dan mempergunakan metode-metode di dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperolah data tentang pembelajaran ekstra kurikuler baca tulis al-Qur‟an (BTQ), untuk memperoleh data tentang prestasi belajar siswa pada bidang Studi al-Qur‟an Hadist, untuk memperoleh data tentang pengaruh kegiatan ekstra kurikuler baca tulis al-Qur‟an terhadap prestasi belajar siswa pada bidang Studi al-Qur‟an Hadist di Madrasah Tsanawiah MTs Syarif Hidayatullah Kota Cirebon. Kerangka pemikiran bahwa guru merupakan fakor yang sangat dominan dan paling penting dalam mencapai tujuan pendidikan, seyogyanya guru harus memiliki kemampuan yang professional pada bidangnya masing-masing untuk mengembangkan potensi siswanya secara utuh. Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah dengan menelaah buku-buku ilmiah serta mengadakan Studi langsung ke lapangan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket, observasi, wawancara, dan Studi kepustakaan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa proses belajar mengajar ekstra kurikuler baca tulis al-Qur‟an (BTQ) termasuk dalam kategori cukup yaitu sebesar 54,30%, karena berada pada interval 55% - 74%. Hasil belajar siswa pada bidang Studi al-Qur‟an Hadist termasuk dalam kategori tidak baik, yaitu sebesar 10,85% karena berada pada interval kurang dari 40%. Pengaruh kegiatan ekstra kurikuler baca tulis al-Qur‟an terhadap prestasi belajar siswa pada bidang Studi al-Qur‟an Hadist di Madrasah Tsanawiah MTs Syarif Hidayatullah Kota Cirebon dalam tingkat korelasi yang tinggi, karena indeks korelasi product moment rxy = 0,74 terletak pada interval koefisien 0,70 – 0,90. Adapun hasil perhitungan koefisien determinasi dapat diketahui bahwa pengaruh pembelajaran ekstra kurikuler baca tulis al-Qur‟an terhadap prestasi belajar siswa adalah 54,76% sedangkan sisanya sebesar 45,24% adalah ditentukan oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 04:15
Last Modified: 12 Jun 2017 06:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/804

Actions (login required)

View Item View Item