KETELADANAN KYAI HAJI M IING ROMLI SUBKIE DALAM PEMBINAAN AKHLAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PERILAKU SANTRI USIA 12-17 TAHUN DI PONDOK PESANTREN AL-MA’MUROH DESA SUSUKAN KECAMATAN CIPICUNG KABUPATEN KUNINGAN

NURHIDAYAH SELAN, KETELADANAN KYAI HAJI M IING ROMLI SUBKIE DALAM PEMBINAAN AKHLAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PERILAKU SANTRI USIA 12-17 TAHUN DI PONDOK PESANTREN AL-MA’MUROH DESA SUSUKAN KECAMATAN CIPICUNG KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NURHIDAYAH SELAN_58410421_ok-min.pdf

Download (578kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

NURHIDAYAH SELAN : NIM : 58410421 Keteladanan Kyai Haji M. Iing Romli Subkie dalam Pembinaan Akhlak dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kualitas Perilaku Santri Usia 12-17 Tahun di Pondok Pesantren Al-Ma’muroh Desa Susukan Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan Kepemimpinan seorang kyai dalam sebuah pondok pesantren bisa dilihat dari cara kyai memberikan nasehat yang baik kepada santri, kyai menegur santri, karakter yang dimiliki kyai, tokoh panutan bagi santri dan kharismatik dimata santrinya, oleh karena itu penulis ingin mengetahui sejauhmana keteladanan kyai haji Iing Romli Subkie dalam pembinaan akhlak dan pengaruhnya terhadap peningkatan kualitas perilaku santri. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang keteladanan kyai haji Iing Romli Subkie dalam pembinaan akhlak, kondisi kualitas perilaku santri dalam kehidupan sehari-hari dan pengaruh antara keteladanan kyai haji Iing Romli Subkie dalam pembinaan akhlak dengan kondisi kualitas perilaku santri dalam kehidupan sehari-hari di pondok pesantren Al-Ma‟muroh Desa Susukan Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan. Pembinaan akhlak terhadap anak usia remaja merupakan pondasi bagi pembangunan, pembiasaan sikap dan jiwa keagamaan dalam mempersiapkan remaja sebagai generasi penerus bangsa untuk menjadi manusia dewasa yang berakhlak karimah, kokoh dan kuat, baik sikap, mental, akhlak dan jiwa keagamaannya. Dalam penyusunan skripsi ini dibutuhkan dua data. Pertama data teoritik yang diperoleh dari sejumlah buku dan literature yang ada hubungannya dengan masalah skripsi untuk dijadikan rujukan. Kedua data empirik diperoleh melalui peneliti terjun langsung ke objek penelitian dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, studi dokumentasi dan sudi kepustakaan. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keteladanan kyai haji Iing Romli Subkie dalam pembinaan akhlak sudah berjalan dengan baik hal ini berdasarkan perolehan rata-rata 90,17%, Perubahan peningkatan kualitas perilaku santri dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan pondok pesantren baik dengan perolehan 83,39% dan Hasil korelasi antara keteladanan kyai haji Iing Romli Subkie dalam pembinaan akhlak dengan peningkatan kualitas perilaku santri di pondok pesantren Al-Ma‟muroh Desa Susukan Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan dapat diperoleh sebesar 0,99 angka ini menunjukan adanya hubungan positif, yang sangat kuat, artinya semakin baik keteladanan kyai haji Iing Romli Subkie dalam pembinaan akhlak di pondok pesantren Al- Ma‟muroh kemungkinan akan semakin baik pula kualitas perilaku santrinya, begitu pula sebaliknya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 04:21
Last Modified: 12 Jun 2017 06:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/806

Actions (login required)

View Item View Item