PERANAN PENDIDIKAN KEDISIPLINAN DI LINGKUNGAN KELUARGA PETANI DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA USIA 17 – 21 TAHUN DI DESA CIKUYA KECAMATAN BANJARHARJO KABUPATEN BREBES

NURCHOLIS, (2013) PERANAN PENDIDIKAN KEDISIPLINAN DI LINGKUNGAN KELUARGA PETANI DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA USIA 17 – 21 TAHUN DI DESA CIKUYA KECAMATAN BANJARHARJO KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NURCHOLIS_06410296_ok-min.pdf

Download (741kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

NURCHOLIS : “PERANAN PENDIDIKAN KEDISIPLINAN DI LINGKUNGAN KELUARGA PETANI DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA USIA 17-21 TAHUN DI DESA CIKUYA KECAMATAN BANJARHARJO KABUPATEN BREBES”. Kenakalan remaja sudah menjadi modus berita dan topik wacana di masyarakat. Kesulitan-kesulitan menjalankan tugas mendidik itu amat terasa, terutama ketika dihadapkan pada kenyataan bahwa pengaruh lingkungan sudah demikian kuat, bahkan melampaui kekuatan pengaruh faktor-faktor pendidikan lainnnya. Jadi sudah sepantasnya pendidikan dalam keluarga memiliki peranan yang sangat penting terhadap perkembangan fitrah anak, terutama pendidikan yang diberikan oleh kedua orang tua terhadap anak. Keluarga merupakan pendidikan pertama dan utama, dalam hal ini orang tua memiliki peran yang besar terhadap pendidikan anaknya kedepan. Apabila kegagalan dalam manajemen pendidikan dalam keluarga, maka akan berdampak pada pendidikan anak berikutnya yaitu tatkala anak-anak menempuh pendidikan diluar lingkungan keluarga. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data mengenai bentuk pendidikan kedisiplinan yang diterapkan orang tua terhadap anaknya oleh remaja di Desa Cikuya Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes, bentuk kenakalan remaja yang dilakukan oleh Remaja di Desa Cikuya dan memperoleh data tentang perananserta pendidikan kedisiplinan yang di lakukan orang tua dalam menanggulangi kenakalan remaja di Desa Cikuya Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes. Kedisiplinan adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukan nilai – nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Dengan adanya pendidikaan kedisiplinan bagi remaja itu merupakan suatu hal yang sangat penting apalagi dalam ruang lingkup petani karena dengan disiplin anak remaja akan tahu mana yang baik dan mana yang buruk sehingga kenakalan pun tidak akan terjadi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik-teknik sebagai berikut: wawancara, observasi, angket. Kemudian data dianalisis menggunakan rumus tabel frekuensi sehingga pada akhirnya dikomulatifkan ratarata prosentase. Dari hasil penelitian ini adalah bentuk pendidikan kedisiplinan yang diterapkan orang tua terhadap anaknya di desa Cikuya Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes dapat dikategorikan sangat baik karena mencapai prosentase 84,52 % dan bentuk kenakalan remaja yang dilakukan oleh remaja di Desa Cikuya Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes dapat dikategorikan tinggi karena mencapai prosentase 70,66 %, sedangkan peranserta pendidikan kedisiplinan yang dilakukan orang tua dalam menanggulangi kenakalan remaja yang ada di Desa Cikuya Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes dapat dikategorikan baik karena mencapai prosentase 68,13 %. Maka dalam hal ini dapat dikatakan tidak ada peranan yang signifikan antara pendidikan kedisiplinan di lingkungan keluarga petani dalam menanggulangi kenakalan remaja di Desa Cikuya Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 04:24
Last Modified: 12 Jun 2017 02:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/807

Actions (login required)

View Item View Item