PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 2 GEBANG KABUPATEN CIREBON

NUR DEDE HIDAYAT, PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 2 GEBANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NUR DEDE HIDAYAT_58410318.pdf

Download (458kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

NUR DEDE HIDAYAT : Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran dan Pengaruhnya terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Gebang Kabupaten Cirebon Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video dan animasi secara terintegrasi. Guru PAI sudah menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar, yaitu seperti OHP, gambar, buku-buku PAI, tape recorder dan lain-lain, namun tidak terlalu memberikan pengaruh baik terhadap minat belajar siswa. Jadi masalah penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh penggunaan multimedia dalam pembelajaran terhadap minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Gebang Kab. Cirebon. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh data tentang proses pembelajaran dengan menggunakan media pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, untuk memperoleh data tentang minat belajar siswa pada mata Pelajaran Agama Islam, untuk memperoleh data tentang pengaruh penggunaan media terhadap minat belajar. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode teoritik, berupa buku-buku referensi yang berhubungan dengan masalah penelitian. Metode empirik, diperoleh dari responden, yakni para siswa. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMPN 2 Gebang kelas VIII yang berjumlah 204 siswa, sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 10% dari jumlah populasi yaitu 20 siswa, data yang terkumpul kemudian di olah dan di analisis dengan menggunakan skala prosentase dan korelasi product moment. Kesimpulan penelitian, penggunaan media pembelajaran (Variabel X) tergolong kategori (42,50%) cukup. Sedangkan minat belajar siswa (Variabel Y) tergolong kategori (52,50%) cukup. Korelasi antara pengaruh penggunaan multimedia dalam pembelajaran terhadap minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 2 Gebang tergolong korelasi positif yang mencapai 1,037 yang berada pada interval 0,800 – 1,00 (korelasi yang tinggi). Interpretasi dengan menggunakan Tabel Nilai “r”: df = N – nr = 20 – 2 = 18. Dengan memeriksa Tabel Nilai “r” Product Moment ternyata bahwa dengan df sebesar 18, pada taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel = 0,444. Berarti (1,037 > 0,444). Ha : “Ada pengaruh positif yang signifikan, antara (Variabel X) dan (Variabel Y).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 04:30
Last Modified: 12 Jun 2017 06:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/809

Actions (login required)

View Item View Item